Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KASUS CHEVRON: Berpengaruh Terhadap Penurunan Produksi Minyak Nasional

JAKARTA—Kasus bioremediasi PT Chevron Pacific Indonesia dinilai sangat berpengaruh terhadap turunnya produksi minyak nasional pada tahun ini. Gde Pradnyana, Deputi Operasi Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SK Migas)

JAKARTA—Kasus bioremediasi PT Chevron Pacific Indonesia dinilai sangat berpengaruh terhadap turunnya produksi minyak nasional pada tahun ini. Gde Pradnyana, Deputi Operasi Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SK Migas) mengatakan sejak September, produksi minyak Chevron yang merupakan kontraktor migas dengan produksi terbesar di Indonesia itu, terus turun hingga mencapai decline rate 15%. “Sejak ada karyawan Chevron yang ditahan karena kasus ini, ternyata berdampak serius pada semangat kerja karyawan. Timbul kegalauan di kalangan pekerja, sehingga kini mereka beroperasi sangat-sangat konservatif,” ujarnya ketika dihubungi Bisnis, Kamis (13/12).Gde menjelaskan sejak Kejaksaan Agung RI melakukan penyidikan terkait dugaan korupsi dalam proyek bioremediasi CPI, tidak ada yang berminat lagi mengikuti lelang yang digelar CPI dalam hal pengelolaan lingkungan. “Para karyawan juga tidak berani lagi mengambil risiko. Kami [SK Migas] berusaha memompa keberanian mereka agar berani mengambil risiko, bahwa jika semua proses dilakukan dengan benar, maka tidak usah takut,” ujarnya. Sejak September, produksi minyak Chevron turun (decline rate) hingga 15%. Padahal biasanya, decline rate-nya hanya berkisar 3—4%. Produksi Chevron saat ini sekitar 326.000 bph, masih lebih rendah dari target produksi tahun ini 343.210 bph.  (if)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper