Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CSR PERTAMBANGAN: Pemerintah Diminta Terbitkan Aturan Teknis

News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  23:40 WIB
MEDAN: Pemerintah diminta segera menerbitkan aturan teknis mengenai pembiayaan program Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) khusus sektor pertambangan.
 
"Peraturan Pemerintah sampai saat ini belum dapat menjelaskan secara detail aturan pembiayaan CSR yang harus dikeluarkan perusahaan pertambangan,” jelas Guru Besar Hukum Ekonomi Universitas Sumatera Utara Prof Bismar Nasution, Rabu (12/12/2012).
 
Dengan aturan yang ada saat ini, pengawasan terhadap pelaksanaan CSR sangat minim sehingga hanya sebagian kecil perusahaan pertambangan mengalokasikan keuntungannya mendanai kegiatan sosial masyarakat. 
  
Bahkan, paparnya, sebagian besar perusahaan tambang di Sumut selama ini selalu menimbulkan citra negatif di mata masyarakat.
 
Mulai dari merusak lingkungan, mengarap tanah rakyat, dan tidak memberikan kontribusi dari keuntungan kepada masyarakat sekitar usaha.
 
Dia menghawatirkan jika permasalahan regulasi ini tidak segera dibenahi, dapat menjadi lubang hukum yang bisa dimanfatkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab untuk keuntungan sendiri dan merugikan masyarakat.
  
“Pemerintah harus segera membenahi regulasi ini, agar perusahaan tambang ke depan bisa memiliki hubungan yang baik dengan  masyarakat,” jelas Bismar
 
CSR, katanya, tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tetapi juga hubungan perusahaan dan penduduk.  (ra)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Asni Oktarina Rambe

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top