Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CSR PERTAMBANGAN: Pemerintah Diminta Terbitkan Aturan Teknis

MEDAN: Pemerintah diminta segera menerbitkan aturan teknis mengenai pembiayaan program Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) khusus sektor pertambangan.
 
"Peraturan Pemerintah sampai saat ini belum dapat menjelaskan secara detail aturan pembiayaan CSR yang harus dikeluarkan perusahaan pertambangan,” jelas Guru Besar Hukum Ekonomi Universitas Sumatera Utara Prof Bismar Nasution, Rabu (12/12/2012).
 
Dengan aturan yang ada saat ini, pengawasan terhadap pelaksanaan CSR sangat minim sehingga hanya sebagian kecil perusahaan pertambangan mengalokasikan keuntungannya mendanai kegiatan sosial masyarakat. 
  
Bahkan, paparnya, sebagian besar perusahaan tambang di Sumut selama ini selalu menimbulkan citra negatif di mata masyarakat.
 
Mulai dari merusak lingkungan, mengarap tanah rakyat, dan tidak memberikan kontribusi dari keuntungan kepada masyarakat sekitar usaha.
 
Dia menghawatirkan jika permasalahan regulasi ini tidak segera dibenahi, dapat menjadi lubang hukum yang bisa dimanfatkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab untuk keuntungan sendiri dan merugikan masyarakat.
  
“Pemerintah harus segera membenahi regulasi ini, agar perusahaan tambang ke depan bisa memiliki hubungan yang baik dengan  masyarakat,” jelas Bismar
 
CSR, katanya, tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tetapi juga hubungan perusahaan dan penduduk.  (ra)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Asni Oktarina Rambe

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper