Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN gandeng ANZ jadi penasihat transaksi proyek power plant

M. Munir Haikal
M. Munir Haikal - Bisnis.com 10 Desember 2012  |  12:27 WIB
JAKARTA--PT Perusahaan Listrik Negara dan Australia and New Zealand Banking Group menandatangani perjanjian kerja sama sebagai penasihat transaksi pengembangan proyek kerja sama pemerintah dan pihak swasta.
 
Adapun penasihat transaksi akan bekerja pada pengembangan tiga proyek pembangkit listrik hidro di Sulawesi dan Sumatra.
 
Salah satu dari proyek tersebut adalah pengembangan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) berdaya 450 MW di Karama, Sulawesi Barat. Selain itu dua proyek lainnya adalah Batang Toru dengan daya 510 MW dan Merangin yang berdaya 350 MW, keduanya berada di Sumatera Utara.
 
Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Nur Pamudji mengatakan Australia and New Zealand Banking Group (ANZ) dipilih melalui analisa dan penilaian yang kompetitif dan transparan.
 
"PLN menunjuk ANZ dalam memainkan perannya sebagai penasihat kunci dalam mendukung proyek-proyek pembangkit listrik hidro kami, terutama mengingat rekor ANZ yang sudah lama dan keahliannya dalam menangani proyek-proyek panas bumi dan hidro di seluruh Asia," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (10/12).
 
Paul Finn, ANZ Global Head, Project & Structured Finance, mengatakan Indonesia merupakan salah satu wilayah di mana ANZ memiliki operasi terbesar di Asia sebagai salah satu landasan dari strategi Super Regional Bank.
 
"Tugas sebagai penasehat akan menggunakan pengalaman ANZ di Indonesia dalam pembiayaan tenaga listrik serta keahlian dalam pemanfaatan tenaga air," jelasnya.
 
Siaran pers tersebut juga menjelaskan proyek akan dilaksanakan dengan skema kerja sama Pemerintah-Swasta atau yang dikenal dengan istilah Public Private Partnership. (faa)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top