INFRASTRUKTUR: PIP Biayai Proyek Senilai Rp1,4 Triliun Per Desember

JAKARTA: Hingga awal Desember 2012 Pusat Investasi Pemerintah (PIP)  telah membiayai beberapa proyek infrastruktur dasar di daerah dengan nilai mencapai Rp1,409 triliun.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 03 Desember 2012  |  21:17 WIB

JAKARTA: Hingga awal Desember 2012 Pusat Investasi Pemerintah (PIP)  telah membiayai beberapa proyek infrastruktur dasar di daerah dengan nilai mencapai Rp1,409 triliun.

Pada 2013 PIP akan bekerja sama dengan berbagai BUMN karya untuk membiayai beberapa proyek infrastruktur yang menjadi penugasan pemerintah.Beberapa proyek yang dibiayai PIP antara lain pembiayaan jalan dan jembatan di empat wilayah, yakni Lampung, Lombok Tengah dan Sulawesi Selatan  sebesar Rp817,6 miliar.Kemudian proyek pengembangan dan revitalisasi pasar tradisional di Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Karangasem dan Kota Medan senilai Rp161,4 miliar.Selain itu proyek pembangunan dan pengembangan sarana kesehatan atau Rumah SakitUmum Daerah senilai Rp430,2 miliar di lima wilayah, yakni Kota Solo, Sulawesi Tenggara, Kabupaten Mukomuko, Kota Palu dan Kabupaten Karangasem.Kepala Pusat Investasi Pemerintah Soritaon Siregar mengatakan PIP memiliki komitmen untuk membiayai infrastruktur yang tidak diminati oleh lembaga keuangan lainnya. Namun syaratnya proyek itu harus segera dapat dinikmati masyarakat"Kami akan membiayai proyek-proyek infrastruktur yang begitu selesai bisa langsung dimanfaatkan masyarakat menengah ke bawah. Kita juga akan masuk ke proyek-proyek infrastruktur di mana lembaga keuangan dan non keuangan belum mau membiayai," ujarnya, Senin (3/12/2012).Soritaon menyebutkan beberapa proyek yang akan dibiayai oleh PIP antara lain proyek infrastruktur dasar yang bukan prioritas tetapi sangat penting untuk masyarakat. Sehingga PIP mensasar kerja sama dengan pemerintah daerah untuk membangun jalan ke sentra produksi dan pusat wisata."Kita akan masuk ke proyek yang bukan prioritas tetapi sangat penting bagi masyarakat seperti pembangunan jalan-jalan di kabupaten dan menghubungkan itu dengan jalan nasional. Proyek jalan penting, juga ada rumah sakit dan irigasi," tegasnya.Soritaon menjelaskan PIP berkomitmen kepada pembangunan infrastruktur dasar yang merupakan kebutuhan mendesak yang harus diwujudkan untuk meningkatkan daya saing Indonesia. "Kami pertama-tama harus pastikan infrastruktur dasar itu adalah kebutuhan masyrakat," tegasnya. (bas) 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola

Editor : Aang Ananda Suherman

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top