Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ASURANSI TKI: BNP2TKI Gandeng Advokat Tangani Klaim Asuransi

 
Jessica Nova
Jessica Nova - Bisnis.com 31 Mei 2012  |  21:26 WIB

 

JAKARTA: Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia menggandeng Asosiasi Advokat Indonesia memberikan layanan gratis untuk mendampingi para Tenaga Kerja Indonesia dalam pengurusan klaim asuransi.

 

Menurut Kepala Badan Nasional Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat, urusan TKI melibatkan banyak instansi terkait, apalagi masalah klaim asuransi perlindungan.

 

“Kerja sama dengan berbagai pihak harus dilakukan untuk memaksimalkan perlindungan bagi TKI,” ujarnya, hari ini.

 

Untuk itu, paparnya, BNP2TKI menandatangani nota kesepahaman tentang Pendampingan Klaim Asuransi TKI dengan Asosiasi Advokat Indonesia (AAI).

 

Dia menjelaskan jika mengandalkan pada peran pegawai BNP2TKI, tentu kasus-kasus asuransi TKI tidak akan tertangani secara maksimal, sehingga dibutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak khususnya dengan AAI.

 

"Aparat BNP2TKI sangat terbatas jumlahnya dan tidak berada di pelosok desa, jadi membutuhkan peran serta berbagai pihak,” katanya.

 

Selama ini, sambungnya, banyak perusahaan asuransi yang mengemplang untuk membayar asuransi TKI, bahkan ada perusahaan asuransi yang menolak membayar klaim dengan alasan perusahaannya tidak tercatat sebagai pembayar klaim asuransi TKI.

 

“Apabila ada kasus asuransi terkait dengan aspek hukum maka nantinya pengacara dari AAI dapat membawa kasus itu ke pengadilan agar TKI mendapatkan haknya,” tegasnya. (yus)

 

 

BERITA LAINNYA:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top