Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ANTREAN MERAK-BAKAUHENIAda tambahan 3 feri mulai selasa 29 Mei 2012

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 Mei 2012  |  23:50 WIB

 

JAKARTA: Penyeberangan Merak—Bakauheni akan mendapatkan tambahan tiga kapal feri yang mulai dioperasikan Selasa 29 Mei 2012, sehingga total armada penyeberangan yang beroperasi menjadi 24 unit.
 
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Christine Hutabarat mengatakan selain karena perbaikan Dermaga II Pelabuhan Merak, antrian panjang di  Merak juga akibat berkurangnya kapal yang beroperasi yakni saat ini hanya 21 kapal. 
 
Dia menjanjikan antrian akan berakhir mulai Selasa, 29 Mei 2012 seiring dioperasikannya tiga kapal tambahan. 
 
“Kami sudah berkoordinasi dengan Gapasdap, bahwa mulai besok [Selasa], akan ada tambahan kapal yang beroperasi, yakni menjadi 24 unit,” ujarnya kepada Bisnis hari ini, Senin 28 Mei 2012.
 
Antrian panjang hingga 5 kilometer kembali terjadi di penyeberangan Merak-Bakauheni akibat perbaikan Dermaga II di Pelabuhan Merak serta berkurangnya kapal yang dioperasikan yakni hanya 21 unit.
 
Antrian truk atau kendaraan yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten ini terjadi sejak Jumat, 25 Mei 2012.
 
Christine Hutabarat mengatakan kepadatan yang terjadi di Pelabuhan Merak saat ini terjadi karena adanya penutupan Dermaga II pelabuhan penyeberangan Merak. 
 
“Penutupan ini untuk pengembangan karena adanya pembuatan breasting dolphin nomor 6 di Dermaga 2 Pelabuhan Merak. Waktu penyelesaian pekerjaan ini dijadwalkan selesai selama 14 hari sejak 22 Mei 2012,” tuturnya.
 
Christine menambahkan antrian kapal ini terjadi sampai 5 kilo meter (km) sejak Jumat 25 Mei 2012. Perbaikan Dermaga II di Pelabuhan Merak ini nantinya dapat menambah kapasitas tampung di dermaga ini, yakni nantinya dapat menampung kapal berbobot 12.000 GT atau 140 kendaraan dan 1.000 penumpang.
 
Dia menjelaskan Dermaga II ini sebelumnya mampu menampung 6-7 kapal per hari dengan ukuran kapal lebih kecil dari 12.000 GT. Begitu juga untuk Dermaga I dan III. Untuk Dermaga IV dan Dermaga V, hanya mampu menampung 3-4 kapal per hari.
 
“Kami sengaja melakukan perbaikan Dermaga II ini pada saat ini, yakni ketika belum memasuki musim liburan Juni. Kalau sudah liburan, volume kendaraan yang akan menyeberang ke Bakauheni, Lampung melalui Merak akan membludak,” kata Christine.
 
Menurut Christine, selain adanya penutupan Dermaga II Merak, kepadatan yang terjadi di Pelabuhan Merak juga karena adanya kenaikan volume kendaraan yang cukup signifikan di lintasan penyeberangan menuju Sumatra. Jumlah ini mengakibatkan lahan parkir kendaraan di Pelabuhan Merak tidak mampu menampung kendaraan yang akan menyebrang ke Sumatra.
 
“Saat ini kami optimalkan armada yang ada, setidaknya 23-24 kapal harus beroperasi di lintasan Merak-Bakauheni. Kemudian seluruh dermaga juga harus dioperasikan kecuali Dermaga II karena memang ada pekerjaan,” ucapnya.  (sut)

 

 

 

 

BACA JUGA:

Skandal seks DPR mulai terkuak

Kekhawatiran data China pukul saham pertambangan

Hasil F1 Monaco, Webber juaranya

Rossi masuk Honda gantikan Stoner?

Nilai tukar rupiah, gimana hari ini?

 

SITE MAP:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top