Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IRAN temukan minyak di Laut Kaspia

DUBAI:  Iran mengkonfirmasi penemuan minyak mentah di perairan Laut Kaspia untuk pertama kalinya dari hasil eksplorasinya lebih dari 1 abad, ungkap lembaga negara yang dikutip Fars.Deposit ini ditemukan pada kedalaman 2,5 kilometer (1,5 mil) selama

DUBAI:  Iran mengkonfirmasi penemuan minyak mentah di perairan Laut Kaspia untuk pertama kalinya dari hasil eksplorasinya lebih dari 1 abad, ungkap lembaga negara yang dikutip Fars.Deposit ini ditemukan pada kedalaman 2,5 kilometer (1,5 mil) selama pengeboran di lapangan gas alam dan diperkirakan menyimpan 10 miliar barel minyak mentah, kata Fars, mengutip Iran Oil Co Nasional. Angka itu sama dengan 7% dari total cadangan Iran.Iran adalah produsen minyak terbesar kedua di organisasi negara pengekspor minyak (OPEC), yang paling mumpuni di bidang yang ada di selatan dan Teluk Persia. Terhambat oleh sanksi atas ambisi nuklir, Iran hingga kini belum mengekstraksi minyak mentah di Kaspia, di mana negara itu memang memanfaatkan deposito termasuk di Azerbaijan dan garis demarkasi yang berada di wilayah sengketa."Iran tidak pernah menemukan apa pun di bagian atas Kaspia karena laut yang dalam itu sehingga tesis akan menjadi sumur pertama yang dibor," kata Robin Mills, kepala konsultan Manaar Consulting Energi dan Project Management yang berbasis di Dubai. "Sepuluh miliar barel adalah tentu sesuatu untuk dibicarakan. Pertanyaannya adalah apakah Iran memiliki teknologi untuk mengeksploitasi itu. "Iran memiliki cadangan terbukti sebanyak 151 miliar barel, ungkap situs OPEC berdasarkan data 2010. Deposito maksimum di Laut Kaspia hanya sedikit kurang dari seluruh cadangannya di Aljazair sebanyak 12,2 miliar. (Bloomberg/arh) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper