Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA : PT Pertamina (Persero) optimistis produksi Blok West Madura Offshore (WMO) pada akhir tahun ini bisa mencapai 30.000 barel per hari (bph) dan 170 juta kaki kubik gas per hari (MMSCFD).
 
Direktur Hulu Pertamina Muhammad Husen mengatakan hingga Mei 2012 ini produksi WMO memang masih belum bisa mencapai 15.500 bph. 
 
“Namun dengan suntikan anggaran hampir empat kali lipat dibandingkan tahun lalu, kami yakin produksi WMO bisa mencapai target,” ujarnya seperti dikutip dalam website resmi BP Migas  hari ini.
 
Anggaran untuk WMO itu terdiri dari Anggaran Belanja Investasi (ABI) sekitar US$540 juta dan Anggaran Belanja Operasi (ABO) sekitar US$135 juta.
 
PHE WMO berencana mengebor 9 sumur eksplorasi, 12 sumur pengembangan (development), dan 15 sumur kerja ulang (work over) pada tahun ini. Per hari ini, sebanyak 6 sumur pengembangan dan satu sumur eksplorasi sudah selesai dibor.  
 
Seperti diketahui, Blok WMO kini sangat berat untuk melawan penurunan produksi alamiah (natural decline) akibat sudah lama tidak ada investasi baru. Sebelum dikelola PHE WMO, blok tersebut dikelola oleh Kodeco Energy selama 30 tahun. 
 
Baru pada 7 Mei 2011, pemerintah menyerahkan pengelolaan blok tersebut kepada PHE WMO, yang merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero). Saat diserahkan ke Pertamina, produksi blok tersebut sekitar 13.000 bph, terus menurun dari sebelumnya yang sempat menyentuh level 26.000 bph. 
 
Selain karena natural decline, PHE WMO juga menghadapi masalah lainnya yakni kurangnya sumber daya manusia untuk bisa mencapai target produksi. Pada 2016, blok tersebut ditargetkan berproduksi hingga 40.000 bph dan 210 MMSCFD atau setara 75.000 barel minyak ekuivalen per hari (BOEPD). 
 
Sementara itu di sisi lain, Pertamina baru saja mendapatkan pendanaan segar dari global bond sebesar US$2,5 miliar, yang sebagian besar akan digunakan untuk mengembangkan sektor hulu termasuk merger dan akuisisi lapangan migas. Selain itu, Husen mengatakan dana tersebut juga akan digunakan untuk membiayai proyek-proyek besar Pertamina, termasuk pengembangan Blok WMO ini. 
 
“Dana global bond juga untuk membiayai Blok Cepu, hingga Donggi Senoro. Belum lagi untuk proyek-proyek yang kecil, seperti ONWJ, Simenggaris, banyak,” ujar Husen.  (sut)
 
 
 
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper