Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GAS ALAM SENGKANG perlu investasi Rp700 miliar

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 08 Mei 2012  |  19:59 WIB

 

MAKASSAR:  Proyek pengelolaan gas alam Sengkang yang akan memproduksi gas alam cair diproyeksikan menelan investasi hingga Rp700 miliar. 
 
Direktur Utama PT Perusda Sulsel—pengelola Gas Alam Sengkang—Haris Hodi mengatakan pihaknya telah menggelar pertemuan dengan Badan Pengatur Hulu Minyak dan Gas (BPH Migas) untuk membicarakan pengelolaan 70 MMBTU gas alam Sengkang di Jakarta, pada akhir April lalu. 
 
"Investasi akan dibagi antara PT South Celebes LNG dengan PT Prodigy Energy, sementara PT Perusda Sulsel hanya mengelola dan memasarkannya," ujarnya hari ini Selasa 8 Mei 2012.
 
Menurutnya, proyek industri gas alam Sengkang dijadwalkan mulai proses pembangunan Oktober 2012. Namun, ungkap Haris, masih ada sejumlah persyaratan administrasi yang harus dipenuhi terlebih dulu oleh pihaknya. 
 
Di antaranya, rencana kerja pengelolaan gas alam yang rencananya diolah menjadi liquid natural gas (LNG), dan perjanjian jual beli bersama PT PLN Sulselrabar.
 
PT Perusda juga telah menjalin kesepakatan dengan PT PLN Sulselrabar, terkait pembelian semua LNG yang dihasilkan nanti. Jika telah terpenuhi, maka produk LNG tersebut juga akan dipasarkan ke perusahaan lain yang berminat mengelola LNG.
 
“Hasil penjualannya akan dibagi ke Perusda Sulsel, PT South Celebes LNG, dan PT Prodigy Energy,” tegasnya.
 
Berdasarkan data, 70 million metric British thermal units (MMBTU) gas alam yang akan dikelola, mampu menghasilkan daya listrik hingga 280 mega watt. 
 
Pemprov berperan dalam memberikan perizinan dan juga kajian kesiapan lahan menyusul selesainya hasil dari eksploitasi lapangan yang menjadi kewenangan BP Migas. Semula diketahui ada sembilan sumur gas yang potensial digarap di wilayah tersebut dan proses penggarapan gas di Sengkang itu dilakukan secara bertahap. 
 
Di samping itu observasi terus dilakukan untuk mendapatkan sumber gas baru serta terbuka peluang untuk 'memancing' minat investor baru. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Wiwiek Dwi Endah

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top