Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LKPP: Segera mulai proses lelang

JAKARTA: Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mengimbau Kementerian/Lembaga segera melakukan proses lelang proyek untuk mempercepat pelaksanaan program dan penyerapan anggaran negara.Kepala LKPP Agus Rahardjo menyampaikan berdasarkan Keputusan

JAKARTA: Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mengimbau Kementerian/Lembaga segera melakukan proses lelang proyek untuk mempercepat pelaksanaan program dan penyerapan anggaran negara.Kepala LKPP Agus Rahardjo menyampaikan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003, Kementerian/Lembaga (K/L) sudah diizinkan melakukan lelang untuk proyek periode tahunan pada akhir tahun sebelumnya.“Lelang harus cepat dilakukan dari sekarang. Kalau begitu kan awal tahun bisa langsung sign kontrak dan jalankan proyek,” ujar Agus di Jakarta, hari ini.Dia juga membantah Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah telah menjadi faktor penghambat penyerapan anggaran negara.Menurut dia, minimnya anggaran yang terserap memiliki banyak sebab. Salah satunya adalah kurangnya kesiapan K/L mengimplementasikan perencanaan yang telah dibuat.Menurut Agus, perencanaan masing-masing K/L yang telah disetujui harusnya sudah memiliki rancangan teknis.Hal ini akan memudahkan pelaksanaan program. “Jangan setelah disetujui baru dirancang mata anggaran pegawai, belanja modal, belanja barang, itu akan repot,” tuturnya.(01/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Lavinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper