Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dampak krisis global, RI akan jadi sasaran produk impor

 
Febriany Dian Aritya Putri
Febriany Dian Aritya Putri - Bisnis.com 28 November 2011  |  21:31 WIB

 

JAKARTA: Asosiasi Merek Indonesia mewaspadai banjir impor produk elektronika, kosmetika, dan makanan, menyusul melemahnya pasar di Amerika Serikat dan Eropa.
 
Ketua Umum Asosiasi Merek Indonesia (Amin) Putri Wardhani mengatakan pihaknya sudah mengirim surat ke empat menteri yakni Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, Menteri Koordinator Perekonomian, dan Kepala BKPM, terkait kekhawatiran banjirnya barang impor.
 
"Krisis yang terjadi di AS dan Eropa menambah berat kondisi karena pengalihan negara tujuan ekspor ke pasar RI," jelas Putri hari ini.
 
Ditemui terpisah, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengakui bahwa Indonesia saat ini memang salah satu pasar yang tujuan ekspor karena di perekonomian di AS dan Eropa sedang lesu.
 
Karena itu, Mendag mengatakan harus ada peningkatan daya saing produk-produk dalam negeri sehingga bisa bertahan di tengah banjirnya barang impor.
 
"Seperti Indonesia, negara-negara lain juga mencari pasar baru selain AS dan Eropa. Indonesia merupakan pasar baru itu, dan kita harus bisa bertahan diri," jelasnya. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top