Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi November tergolong rendah

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 November 2011  |  19:30 WIB

 

JAKARTA: Inflasi sepanjang November 2011 diperkirakan cukup rendah, yakni berada di kisaran 0,1-0,3%, pasalnya harga pangan cenderung stabil dan tidak ada periode musiman yang berpotensi menekan inflasi.
 
Ekonom Danareksa Research Institute Purbaya Yudhi Sadewa memproyeksikan inflasi bulan ini mencapai 0,17%, sedangkan dibandingkan inflasi Januari-November diperkirakan 3,02%.  
 
"Peluang inflasi di bawah 4% sampai akhir tahun cukup besar," ujarnya hari ini.
 
Kepala Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti menyatakan inflasi November akan berada di kisaran 0,2-0,3%, karena nilai tukar Rupiah dan harga pangan masih relatif stabil. "Sampai akhir tahun, inflasi diperkirakan mencapai 4,5%."
 
Berdasarkan data Kementerian Perdagangan sepanjang minggu ketiga November, harga sejumlah komoditas pangan justru tercatat mengalami deflasi, seperti beras (-0,16%), gula (-0,16%), minyak (0,01%), cabe merah keriting (-9,9%), dan ayam ras (-1,58%). Adapun sejumlah komoditas pangan yang mengalami inflasi, a.l. terigu (0,41%) dan  telur ayam ras (0,2%).
 
Purbaya menilai rendahnya inflasi mengindikasian daya beli masyarakat yang masih terjaga dan tidak tergerus oleh kenaikan harga-harga sehingga juga ditanggapi secara positif oleh investor. 
 
"Karena inflasi rendah, Bank Indonesia juga menjaga suku bunga tetap rendah, sejauh ini reaksi pasar positif," katanya. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Ana Noviani

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top