Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa UI Ukir Prestasi di Sidang PBB Harvard

Bisnis.com, JAKARTA - Mahasiswa Universitas Indonesia meraih prestasi gemilang dalam kompetisi bertaraf internasional. Dyah Ayunico Ramadhani dan Indah Gilang Pusparani, keduanya dari program studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan

Bisnis.com, JAKARTA - Mahasiswa Universitas Indonesia meraih prestasi gemilang dalam kompetisi bertaraf internasional. Dyah Ayunico Ramadhani dan Indah Gilang Pusparani, keduanya dari program studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UI), meraih Best Diplomacy Award, dalam Harvard World Model United Nations (World MUN) 2011.

Dalam ajang bergengsi yang diadakan di Singapura ini, Dyah mewakili Kesultanan Oman dalam the Organizations of the Islamic Conference (OIC/Organisasi Konferensi Islam), untuk menjawab isu sensor internet di negara-negara Islam dan dampaknya terhadap perkembangan dunia Islam, kata Vishnu Juwono, Kepala Kantor Komunikasi UI, dalam rilisnya hari ini.

Dyah yang juga baru meraih prestasi bagi Indonesia di World University Debating Championships 2011, mengatakan bahwa Model UN merupakan tantangan karena setiap delegasi diminta mewakilkan kepentingan negara tertentu untuk mencapai hasil yang sesuai dengan kepentingan negara tersebut, dan saat bersamaan menjalankan semangat multilateralisme dan pembangunan internasional.

Indah Gilang Pusparani mewakili Negara Oman dalam World Trade Organization (WTO/Organisasi Perdagangan Dunia), harus bersaing berdiplomasi dengan lebih dari 130 mahasiswa di dunia, saat membahas isu hambatan perdagangan komoditas pertanian.Indah harus berlaku sebagai diplomat negara Oman, yang merupakan negara kecil di Timur Tengah, dengan mayoritas penduduk yang bekerja di bidang pertanian dan memiliki cukup cadangan minyak dunia.

Tantangannya adalah ketika harus meyakinkan negara-negara yang memiliki posisi yang sama, untuk beraliansi dan mendorong terciptanya resolusi bersama untuk pasar bebas yang juga adil.Vishnu menuturkan mahasiswa UI berhasil mengalahkan beberapa perguruan tinggi kelas dunia, seperti Yale University, US Military Academy di West Point, Universidad Simon Bolivar, dan Heidelberg University.Kemenangan mahasiswa UI dalam berbagai kompetisi internasional, kata Vishnu, merupakan salah satu wujud peranan UI dalam mengharumkan nama Indonesia di forum internasional, melalui beragam pencapaian prestasi akademik bangsa Indonesia.

Diharapkan berbagai prestasi yang diraih, dapat membuka lebih banyak kesempatan serta memberi inspirasi bagi generasi muda Indonesia, untuk berani bersaing pada berbagai kompetisi bergengsi di tingkat internasional, ungkapnya. (msw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : M. Sarwani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper