Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemuda didorong ikuti pelatihan entrepreneur

JAKARTA: Pemerintah menerapkan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship) bagi pemuda-pemudi di kawasan perdesaan agar dapat berperan aktif dalam meningkatkan perekonomian. Selain itu, wirausahawan baru dalam memperbaiki tingkat kehidupan sosial masyarakat

JAKARTA: Pemerintah menerapkan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship) bagi pemuda-pemudi di kawasan perdesaan agar dapat berperan aktif dalam meningkatkan perekonomian. Selain itu, wirausahawan baru dalam memperbaiki tingkat kehidupan sosial masyarakat di sekitarnya dan membuka lapangan kerja yang baru.

Menakertrans Muhaimin Iskandar mengatakan instansinya mendorong pemuda-pemudi di perdesaan agar dapat mengikuti pelatihan kerja yang berbentuk kursus atau pelatihan singkat yang diselenggarkan lembaga pelatihan kerja (LPK) milik swasta ataupun balai latihan kerja (BLK) pemerintah.Pelatihan kerja memiliki peran penting dan strategis dalam peningkatan SDM, apalagi pelatihan kerja yang sifatnya fleksibel dan dinamis dalam mengantisipai kemajuan teknologi, serta perubahan lingkungan dan mampu memenuhi persyaratan kerja, tuturnya, hari ini.Dia menjelaskan pelatihan kerja dapat berperan untuk menjembatani kesenjangan kompetensi antara dunia pendidikan dengan dunia kerja, sehingga pencari kerja dan peserta pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan produktivitasnya.Bekal pengetahuan umun tanpa keterampilan khusus akan membuat para pencari kerja kesulitan mendapatkan pekerjaan di sektor formal ataupun berwirausaha mandiri, ujarnya.Sinergi antara peningkatan keterampilan dan kompetensi kerja, produktivitas, dan program kewirausahaan, dibutuhkan untuk mengurangi pengangguran terbuka yang per Agustus 2010 tercatat 8,32 juta orang atau 7,14 % dari jumlah angkatan kerja yang sebanyak 116,5 juta orang. (mfm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ria Indhryani
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper