Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis pendidikan Singapura, Adam Khoo, ekspansi di RI

JAKARTA: Industri pendidikan asal Singapura melakukan ekspansi di Indonesia dengan membuka master frenchise Adam Khoo Learning Centre, kursus pendidikan yang diklaim terbesar di Asia.PT Adam Khoo Learning Centre (AKLC) optimistis dapat membuka lima unit

JAKARTA: Industri pendidikan asal Singapura melakukan ekspansi di Indonesia dengan membuka master frenchise Adam Khoo Learning Centre, kursus pendidikan yang diklaim terbesar di Asia.PT Adam Khoo Learning Centre (AKLC) optimistis dapat membuka lima unit baru pada 2011, dengan jumlah keseluruhan 18 unit selama lima tahun ke depan, meski saat ini baru membuka unit pertamanya di Indonesia, yaitu di Jakarta Selatan.Target perusahaan itu, katanya, adalah menciptakan 1 juta anak Indonesia yang dapat menjadi pemain ekonomi global di abad 21. Oleh karena itu, dia berharap dapat membuka pusat pendidikan di masing-masing kota besar di Indonesia."Namun demikian, kami tidak akan membuka terlalu banyak karena kami mementingkan eksklusivitas, juga agar learning centre kami dapat menjadi icon di kota di mana kami berada. Pilihannya adalah dengan membuka hanya di kota-kota besar," tutur Susanna Hartawan, hari ini.Unit-unit baru tersebut rencananya akan tersebar di Jakarta, Surabaya, Palembang, Balikpapan, Medan, dan Semarang. Untuk kuartal I/ 2011 pihaknya berencana membuka unit baru di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, sedangkan sisanya akan dibuka di Alam Sutera Tangerang Selatan, Kelapa Gading Jakarta Utara, Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara, Bekasi, dan Surabaya pada kuartal II, III dan IV/ 2011.Susanna mengaku AKLC telah menginvestasikan Rp2 miliar-Rp3 miliar untuk membuka unit pertamanya, sebuah ruko empat lantai yang dijadikan sebagai learning centre. Selanjutnya pihaknya menawarkan franchise fee sebesar Singapore$50.000 untuk lima tahun, yang dapat diperpanjang setiap lima tahunnya.Namun demikian, Susanna mengatakan AKCL sangat selektif dalam memilih frenchisee, "Kami memikirkan soal economy scale, oleh karena itu AKLC kami frenchise kan. Namun kami akan sangat menyeleksi para pendaftar frenchisee, mulai dari company profile, misi edukasi, serta passion mereka di dunia pendidikan, karena hal tersebut yang terpenting. Maskipun mereka bisa invest, tetapi kriteria lain tidak terpenuhi, maka tidak akan menjadi prioritas kami."AKLC sendiri memiliki dua program, antara lain English Mastery dan Math Mastery, dengan kurikulum Singapura yang disesuaikan dengan Indonesia. Sebagian pengajar didatangkan dari luar Indonesia, antaranya Singapura dan Malaysia, serta sebagian lain adalah para pengajar Indonesia yang diakui secara internasional. Selama masa grand opening AKLC memberi harga promosi sebesar Rp60.000-Rp90.000/ jam nya hingga tiga bulan ke depan. (mrp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper