Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LRT Jakarta 1B Sedot APBD Rp5,5 Triliun, Target Selesai 2026

Pemprov DKI menargetkan LRT Jakarta fase 1B dengan nilai Rp5,5 triliun akan selesai pada 2026.
LRT Jakarta./ Dok. BKIP Kemenhub
LRT Jakarta./ Dok. BKIP Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pembangunan fase 1B LRT Jakarta dengan rute Velodrome-Manggarai akan rampung seluruhnya pada 2026 atau tiga tahun mendatang.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjelaskan, pembangunan LRT Jakarta fase 1B ini melanjutkan dari fase 1A yang telah selesai dibangun dan mulai dioperasikan pada 2019 atau empat tahun yang lalu.

Dia menjelaskan, LRT Jakarta fase 1B akan membentang sepanjang 6,4 kilometer serta memiliki 5 stasiun pemberhentian. Kelima stasiun tersebut adalah, Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.

Heru mengatakan, target konstruksi proyek ini terbagi menjadi dua tahap. Bagian pertama, pembangunan Stasiun Pemuda Rawamangun hingga stasiun-stasiun di daerah Pramuka ditargetkan selesai pada September 2024 

"Selanjutnya, nanti sampai Manggarai targetnya selesai 2026," kata Heru dalam Groundbreaking LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai di Stasiun Velodrome, Jakarta pada Senin (30/10/2023).

Adapun, Heru menambahkan LRT Jakarta fase 1B akan menelan dana sebesar Rp5,5 triliun. Dia menuturkan, dana konstruksi tersebut seluruhnya akan menggunakan APBD DKI Jakarta.

Dia menjelaskan, jika digabung dengan jalur LRT fase 1A, maka total jalur LRT Jakarta akan membentang sepanjang 12,2 km dengan 11 stasiun. Heru mengatakan, masyarakat nantinya dapat menempuh jarak tersebut dalam waktu kurang dari setengah jam.

"Total jalur LRT Jakarta fase 1A dan 1B adalah 12,2 kilometer dan dapat ditempuh selama 26 menit," kata Heru.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan niatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengembangkan transportasi massal perkotaan patut diapresiasi. Hal tersebut karena proyek LRT Jakarta ini dibangun dengan inisiasi dari Pemda dan juga menggunakan anggaran daerah.

Upaya Pemprov DKI Jakarta ini juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin terus mengembangkan angkutan massal perkotaan di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper