Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Perketat Ekspor Beras, Pungut Pajak hingga 20 Persen!

India memperketat aturan dengan memungut pajak ekspor 20 persen untuk beras pratanak (parboiling rice).
Ilustrasi beras / BISNIS-Annasa Rizki Kamalina.
Ilustrasi beras / BISNIS-Annasa Rizki Kamalina.

Bisnis.com, JAKARTA - India memperketat ekspor beras untuk memastikan keamanan pangannya. Hal ini dapat berimplikasi pada menekannya pasokan biji-bijian.

Kementerian keuangan India pada Jumat malam (25/8/2023) pemerintah memungut pajak ekspor sebesar 20 persen untuk beras pratanak (parboiling rice) dengan segera, dikutip dari Bloomberg. 

Sebagaimana diketahui, India telah membatasi penjualan ke luar negeri untuk semua varietas non-basmati, yang menyumbang sekitar 80 persen dari total pengiriman berasnya. Tak hanya itu, India juga berkontribusi terhadap perdagangan beras global sekitar 40 persen. 

"Dengan langkah ini, harga-harga domestik akan turun dan hal ini akan membantu pemerintah dalam mengendalikan inflasi pangan," ujar B.V. Krishna Rao, presiden Asosiasi Eksportir Beras.

Harga beras Asia sendiri melonjak ke level tertinggi dalam hampir 15 tahun terakhir pada awal Agustus 2023. Hal ini membuat biaya bagi para importir semakin meningkat, terutama bagi Filipina dan beberapa negara Afrika. 

Rao juga mengatakan bahwa dengan langkah tersebut, harga-harga global akan naik dan para pembeli harus menyerap kenaikannya. Akan ada negosiasi ulang antara pembeli dan penjual pada beberapa kontrak. 

Dapat diketahui bahwa beras pratanak menyumbang sekitar sepertiga dari total pengiriman beras India. Beras pratanak sendiri adalah beras yang melewati proses yang melibatkan perebusan sebagian padi sebelum digiling, untuk meningkatkan nilai nutrisinya dan mengubah tekstur nasi. 

Kemudian, beberapa restoran juga menggunakan beras pratanak karena sudah bersih dan lebih mudah dimasak. 

Selain kebijakan terhadap beras pratanak, Negara Bollywood ini telah melarang beras patah (broken rice) dan beras putih non-basmati, membatasi pengiriman gandum dan gula, dan membatasi penimbunan beberapa hasil panen. 

Kemudian, India juga mempertimbangkan untuk menghapuskan pungutan impor sebesar 40 persen untuk gandum, menjual tomat, bawang dan biji-bijian dari cadangan negara untuk meningkatkan pasokan lokal. 

Menurut pemberitahuan, meskipun bea masuk untuk beras setengah matang mulai berlaku pada 25 Agustus, para eksportir yang memiliki surat kredit yang sah sebelum perintah pemerintah akan diizinkan untuk mengirimkan biji-bijian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper