Cold N Brew: Kedai Kopi Asli Solo Gigih Kenalkan Konsep Coffee Shop

Tren bisnis kuliner coffee shop beberapa tahun terakhir tidak hanya dapat ditemui di Ibu kota saja melainkan juga berkembang di kota-kota lainnya termasuk Solo.
Foto: Perwakilan Mitra Usaha GoTo, dari GoFood, Sulis Ardiana, Chief Operating Officer Cold n Brew (kiri) berfoto bersama di sela-sela kunjungan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, pada perayaan Hari UMKM Nasional Expo 2023 di Solo.
Foto: Perwakilan Mitra Usaha GoTo, dari GoFood, Sulis Ardiana, Chief Operating Officer Cold n Brew (kiri) berfoto bersama di sela-sela kunjungan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, pada perayaan Hari UMKM Nasional Expo 2023 di Solo.

Bisnis.com, JAKARTA - Tren bisnis kuliner coffee shop yang menggeliat beberapa tahun terakhir tidak hanya dapat ditemui di Ibu kota saja melainkan juga berkembang di kota-kota lainnya termasuk Solo. Masyarakat Kota Solo yang gemar pergi ke angkringan tersebut kini juga menjadikan coffee shop sebagai bagian dari gaya hidup khususnya para generasi muda.

Cold n Brew berdiri pada awal 2016, saat belum banyak coffee shop yang beroperasi di Kota Solo. Mengusung konsep house of ideas, Cold n Brew menawarkan tempat semi co-working space untuk para pekerja kreatif seperti desainer, arsitek, dan mahasiswa yang butuh tempat yang nyaman untuk menggarap pekerjaan atau pun tugas. Cold n Brew juga bekerja sama dengan berbagai komunitas seperti komunitas lari, sepeda, crafting, hingga fotografi.

Saat pertama kali beroperasi, Cold n Brew menemukan berbagai tantangan dalam mengembangkan usahanya. Salah satunya warga Solo belum memiliki ketertarikan terhadap coffee shop dan lebih memilih untuk menikmati makanan di angkringan. Hal ini terlihat dari hampir 70% pelanggan Cold n Brew berasal dari luar kota Solo, seperti Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Dalam upaya menjangkau pelanggan yang lebih luas, Cold n Brew memutuskan bergabung bersama GoFood pada 2017.

GoFood membantu dalam menjangkau lebih banyak pelanggan yang tidak bisa datang ke coffee shop kami. Fitur-fitur yang dihadirkan oleh GoFood dan GoBiz menjadi solusi yang tepat untuk mengembangkan usaha Cold n Brew secara end-to-end. Berkat bergabung bersama GoFood, bisnis Cold n Brew tumbuh 20% dari tahun sebelumnya,” ungkap Sulis Ardiana, Chief Operating Officer Cold n Brew.

Cold n Brew mengandalkan berbagai menu andalan favorit pelanggan seperti kopi dilema (dingin lebih mantap), caramel macchiato, creme brulee, dan lima menu varian signature Cold Brew (lemon, berry, white, original, strawberry). Setelah hampir 7 tahun berjalan, Cold n Brew kini memiliki 13 cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Klaten, Yogyakarta, Semarang, Karanganyar, hingga Medan.

Cold N Brew: Kedai Kopi Asli Solo Gigih Kenalkan Konsep Coffee Shop
Foto: Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM RI mengunjungi booth Cold n Brew, mitra usaha GoFood di GoFood Petualangan Kuliner Juara Lokal Solo, Pura Mangkunegaran, Surakarta (12/8).

Cold n Brew merupakan salah satu mitra usaha GoFood yang turut tampil dalam GoFood Petualangan Kuliner Juara Lokal Solo di Pura Mangkunegaran, Solo. Acara yang digelar pada 10-13 Agustus 2023 tersebut menghadirkan 30 mitra UMKM kuliner lokal dengan menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman khas Solo. UMKM kuliner lokal Solo yang turut berpartisipasi pada acara ini merupakan bagian dalam Koleksi Juara Lokal Solo GoFood yang telah dikurasi secara khusus berdasarkan rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, dan favorit masyarakat setempat. GoFood Petualangan Kuliner Juara Lokal Solo merupakan bagian dari rangkaian kolaborasi GoTo dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI bersama Pemerintah Kota Solo dalam perayaan Hari UMKM Nasional 2023. 

Melissa Siska Juminto, Direktur, Presiden E-Commerce GoTo yang turut hadir di acara menyampaikan, “Ekosistem GoTo hadir bagi UMKM, untuk terus tumbuh dan berkembang, terlebih di masa pemulihan ekonomi. GoTo akan terus menghadirkan inovasi untuk mengantisipasi kebutuhan pelaku UMKM, di setiap fase perkembangan bisnis mereka.”

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) RI Teten Masduki yang juga turut hadir di Solo menyampaikan apresiasinya terhadap GoTo yang tetap serius memberdayakan UMKM nasional melalui berbagai inisiatif teknologi maupun program, “UMKM nasional termasuk para juara lokal semakin giat berinovasi dan memanfaatkan teknologi untuk mendapat keunggulan kompetitif di pasar. Hingga sekarang sebanyak 22 juta UMKM sudah onboarding, dan angka tersebut akan terus meningkat seiring dengan target Pemerintah untuk mendorong 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital. Saya juga berharap melalui digitalisasi UMKM ini, para pengusaha lokal dapat mengembangkan pasar dan menjangkau lebih banyak pelanggan, serta naik kelas."

GoFood Petualangan Kuliner Juara Lokal Solo diramaikan oleh berbagai UMKM kuliner lokal dari beragam jenis makanan dan minuman khas Solo. Mulai dari kuliner legendaris seperti Dawet Telasih Yu Dermi, Leker Gajahan Bapak Fathoni Jr, Soto Seger Hj. Fatimah, Selat Viens, Ayam Keprabon hingga kuliner lokal lainnya. Inisiatif ini pun sejalan dengan komitmen GoFood untuk menjadi mitra terbaik pertumbuhan UMKM kuliner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper