Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Waskita Karya (WSKT) akan Jual Tol Pemalang-Batang Tahun Ini

Waskita Karya (WSKT) berencana kembali melepas 1 aset jalan tol yaitu tol Pemalang-Batang pada tahun ini.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 14 November 2022  |  13:44 WIB
Waskita Karya (WSKT) akan Jual Tol Pemalang-Batang Tahun Ini
Truk melintas di proyek pembangunan jalan tol Pemalang-Batang Paket I, di Saweka, Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (26/5). - Antara/Hafidz Mubarak A
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) akan kembali melepas 1 aset ruas jalan tolnya pada tahun ini. Perusahaan pelat merah tersebut tengah mempersiapkan ruas Jalan Tol Pemalang-Batang kepada mitra strategis.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita Karya, Wiwi Suprihatno, mengatakan pada tahun ini pihaknya menargetkan untuk dapat melepas 4 ruas jalan tol sebagai upaya penyehatan keuangan perseroan. Langkah tersebut guna mengurangi beban hutang Waskita yang berasal dari investasi dan konstruksi jalan tol.

"Saat ini kami masih dalam proses penjajakan untuk mendapatkan partnership yang win win solution untuk rencana divestasi ruas tol Pemalang-Batang," kata Wiwi dalam paparan publik yang digelar pada Senin (14/11/2022).

Sepanjang tahun ini, kata Wiwi, emiten berkode saham WSKT tersebut telah melepas 3 ruas tol kepada mitra strategis yakni Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Jalan Tol Kanci-Pejagan, dan Jalan Tol Pejagan-Pemalang.

Pada Juni 2022, Waskita menggandeng PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dalam proses divestasi untuk melepas kepemilikan sahamnya dari 90 persen menjadi 35 persen.

Sementara itu, pada ruas Kanci-Pejagan, Waskita menggandeng Indonesia Investment Authority (INA) untuk melepas seluruh kepemilikan sahamnya sebesar 77,69 persen pada ruas tersebut.

Selanjutnya, untuk Jalan Tol Pejang-Pemalang, Waskita juga menggandeng INA sebagai mitra strategis dalam divestasi 99,99 persen saham pada ruas tersebut.

"Pada 2022 dengan rencana divestasi 4 ruas jalan tol saat ini telah direalisasi 3 jalan tol dan dalam proses 1 ruas Jalan Tol Pemalang-Batang. Untuk 2023-2025 ke depan kami masih merencanakan untuk melanjutkan proses divestasi jalan tol terhadap 5 ruas jalan tol yang masih kami miliki," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waskita karya wskt jalan tol divestasi tol pemalang batang
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top