Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bidik 1,1 Juta Lapangan Kerja pada 2022, Sandiaga Rangkul Sampoerna

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) untuk berkontribusi dalam penciptaan lapangan pekerjaan di Indonesia.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  19:07 WIB
Bidik 1,1 Juta Lapangan Kerja pada 2022, Sandiaga Rangkul Sampoerna
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (18/9/2021). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) untuk membantu merealisasikan target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru pada 2022.

"Bersama dengan Sampoerna dan Kawan Maju, saya ingin tahun ini kita target menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru," tutur Sandi pada webinar UMKM Go Digital: Optimasi Digitalisasi Agar Bisnis Terus Berinovasi, Kamis (18/8/2022).

Kemudian, Sandi menargetkan penciptaan lapangan pekerjaan baru bertambah hingga 4,4 juta lapangan kerja pada 2024.

Bersama dengan Sampoerna Retail Community (SRC), mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu ingin melangsungkan sejumlah program Kemenparekraf seperti Kabupaten dan Kota (Kata) Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia, Anugerah Desa Wisata, Santri Digitalpreneur Indonesia, dan Widuri Ekraf.

Selain itu, Sandi ingin menggaet SRC untuk ikut serta dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Seperti diketahui, Sandi merupakan Ketua Harian Gernas BBI.

Sandi berharap kerja sama dengan SRC pada Gernas BBI bisa menciptakan 2 juta lapangan kerja baru dalam dua tahun ke depan.

"Gerakan ini ingin kami merangkul juga SRC untuk memastikan artisan Indonesia dan pelaku UMKM selain menawarkan produk-produk milik fast-moving consumer goods company, juga mereka memiliki produk karya mereka sendiri dengan nilai tambah dan kualitas tinggi," tambahnya.

Adapun, Sandi menyebut ekonomi kreatif Indonesia merupakan salah satu yang terbesar kontribusinya terhadap PDB nasional, selain Amerika Serikat dan Korea Selatan. Dia mencatat kontribusi ekonomi kreatif sampai dengan saat ini sebesar Rp1.300 triliun atau berkontribusi sebesar 7,5 persen terhadap PDB.

Dari besaran kontribusi ekonomi kreatif Indonesia terhadap PDB, lanjut Sandi, paling banyak ditopang oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang saat ini sudah berjumlah sebanyak 64 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm sandiaga uno digitalisasi hm sampoerna
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top