Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hindari Pemalsuan Produk Kecantikan, Nose Herbalindo Kembangkan Sistem Anti-Counterfeit

Counterfeit atau pemalsuan untuk produk-produk kosmetik di Indonesia sangat sering terjadi. Karena itulah, pihaknya bekerja sama dengan perusahaan IT dari Hongkong mengembangkan sistem anti-counterfeit untuk memastikan produk kosmetiknya asli
Ilustrasi perempuan memilih kosmetik atau make-up yang sesuai/Freepik
Ilustrasi perempuan memilih kosmetik atau make-up yang sesuai/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA- Perkembangan industri kecantikan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini,  memunculkan banyak brand kosmetik dan skincare yang hadir dengan berbagai kelebihannya masing-masing.
Namun, hadirnya brand-brand kosmetik dan skincare yang berhasil mencuri perhatian para konsumennya ini ternyata juga mulai banyak dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Apalagi saat ini sebagian besar produk dari brand tersebut lebih banyak dipasarkan melalui media online sehingga konsumen tidak bisa melihat langsung apakah produk tersebut asli atau palsu.

Salah satu perusahaan manufaktur yang cukup banyak membantu brand memproduksi produk kosmetik dan skincare adalah PT Nose Herbalindo.

Budi Sastro, IT PT Nose Herbalindo mengatakan bahwa Counterfeit atau pemalsuan untuk produk-produk kosmetik di Indonesia sangat sering terjadi.

Karena itulah, pihaknya bekerja sama dengan perusahaan IT dari Hongkong mengembangkan sistem anti-counterfeit untuk memastikan produk kosmetik klien yang beredar di pasaran asli dibuat oleh PT Nose Herbalindo. Keaslian bisa dilihat melalui scan barcode dengan kode verifikasi yang hanya bisa digunakan satu kali saja.

"Pengembangan sistem anti-counterfeit ini terbilang cukup lama, kira-kira setahun lebih baru bisa selesai dan dapat diimplementasikan ke produk-produk yang kami produksi," tutur Budi. 

Sistem ini mampu menunjukkan keunikan antara tiap produk yang diterima customer karena customer akan mendapatkan informasi lengkap tentang proses produksi produk yang dipakainya, seperti number of batch, sumber bahan-bahan yang digunakan, kegunaannya, hingga tanggal produksi.

Ayu, General Manager of Marketing PT Nose Herbalindo mengatakan konsep yang diusung dalam sistem anti-counterfeit ini sangat menarik.

"Meskipun produk dari Nose Herbalindo dapat dipastikan semuanya sudah terdaftar dalam BPOM, tapi dengan adanya sistem yang menjamin keaslian produk-produk yang kami produksi tentunya akan sangat membantu klien kami. Apalagi di Indonesia banyak sekali produk kosmetik ilegal yang beredar di pasaran," ujarnya.

Salah satu klien Nose Herbalindo yang sudah menerapkan sistem ini adalah 'Satellite of Glow'.  Brand ini menjadi merk pertama yang merealisasikan terobosan baru Nose Herbalindo untuk menimalisir pemalsuan produk kosmetik di Indonesia.

Selain itu, Satellite of Glow juga menjadi produk pertama yang mengangkat konsep berbeda dengan produk kosmetik lainnya. Konsep zodiak pada produk body care yang dimilikinya menjadi fokusan utama diterapkannya teknologi anti-couterfeit pada produknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper