Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Jadi Pintu Masuk Indonesia, Erick Thohir Ingin Beri Akses Seniman Lokal

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan bandara internasional harus menjadi panggung tetap bagi para seniman dan budayawan lokal.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 26 Juni 2022  |  21:33 WIB
Bandara Jadi Pintu Masuk Indonesia, Erick Thohir Ingin Beri Akses Seniman Lokal
Menteri BUMN Erick Thohir ikut serta dalam parade budaya Langgam Pancarona, Dahayu Nusantara" di Bandara Soekarno-Hatta. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan bandara internasional sebagai gerbang masuk ke Indonesia harus menjadi panggung tetap bagi para seniman dan budayawan lokal untuk mementaskan karya seni dan budaya nusantara. 

"Terus kita dorong airport kita menjadi etalase kebudayaan, kesenian dan musik Indonesia. Hari ini festival budaya sudah mulai bergulir di Airport di Soekarno - Hatta, setelah sebelumnya di Bali dan Jogjakarta dengan frekuensi yang akan ditingkatkan 3-4 kali dalam sebulan. Selain itu juga akan menambah pemasukan bagi pelaku seni sehingga kesejahteraannya meningkat," ujar Erick Thohir di Bandara Soekarno-Hatta, dikutip dari keterangan resminya, Minggu (26/6/2022).

Erick pun menyempatkan diri untuk menyaksikan parade budaya “Langgam Pancarona, Dahayu Nusantara" di Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam parade budaya yang menghadirkan Tari Maumere dari Papua, juga ditampilkan Tari Sigeh Pengunten (Lampung), Tari Kancet Papatai (Kalimantan Timur), Tari Topeng dan alat musik Angklung Mang Udjo (Jawa Barat), Tari Kipas Pakarena (Sulawesi Selatan), dan Tari Cakalele (Maluku).

Sejak awal tahun, tren kedatangan dan keberangkatan penumpang di berbagai bandara terus meningkat. Di Bandara Ngurah Rai, Bali, wisatawan nusantara yang datang naik 70 persen dan mancanegara bertambah 30 persen. Lalu, di Bandara Soetta, rata-rata jumlah pergerakan penumpang pada Juni 2022 mencapai 120.000 orang/hari atau meningkat dibandingkan Desember 2021 yang sekitar 80.000 orang/hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian bumn bandara soekarno hatta erick thohir
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top