Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Strategi Nestle Dongkrak Angka Produksi Bahan Baku Industri Susu

Produktivitas sapi perah di Indonesia lebih rendah dibandingkan dengan sapi perah di Eropa dan Australia.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 07 Juni 2022  |  16:18 WIB
Ini Strategi Nestle Dongkrak Angka Produksi Bahan Baku Industri Susu
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA- Produsen susu raksasa PT Nestle Indonesia menyiapkan 2 strategi sebagai langkah meningkatkan produksi bahan baku susu lokal di Tanah Air.

Presiden Direktur PT Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar mengatakan strategi pertama yang diterapkan perusahaan adalah menyalurkan pakan tambahan kepada sapi perah melalui kemitraan dengan peternak.

"Ini bukan bagian dari investasi perusahaan. Namun, bagian dari pengeluaran operasional. Kami tidak bisa menyebutkan jumlahnya," kata Ampalavanar dalam sesi tanya jawab di acara perluasan kapasitas produksi Milo di pabrik Nestle di Karawang, Selasa (7/6/2022).

Strategi kedua yang diterapkan Nestle, lanjutnya, meningkatkan kualitas bibit sapi melalui kerja sama dengan 46 koperasi di industri susu.

Dia optimistis kedua strategi tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas sapi perah di industri susu Indonesia.

Perlu diketahui, lebih dari separuh kebutuhan susu Indonesia masih diimpor. Kemenperin mencatat, sepanjang 2021 Indonesia memproduksi sebanyak 4,1 juta ton setara susu segar. Dari jumlah tersebut, hanya 0,86 juta ton yang dipasok dari dalam negeri, sedangkan 3,3 juta sisanya masih impor.

Produktivitas sapi perah di Indonesia, kata Ampalavanar, memang lebih rendah dibandingkan dengan sapi perah di Eropa dan Australia. Sekadar informasi, sampai dengan hari ini Nestle rutin membeli susu sapi perah dari 26.000 peternak dengan volume kurang lebih 750.000 liter per hari dan nilai mencapai Rp1,6 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nestle susu harga susu susu segar industri susu susu formula produksi susu
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top