Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyuwangi Gelar World Surfing League, Menteri Sandiaga Uno: Pamornya Mengalahkan MotoGP

Ajang selancar G-Land, di Banyuwangi pada 28 Mei - 6 Juni 2022, diikuti total 36 peselancar, yakni 12 peserta putri dan 24 peserta putra, termasuk dua di antaranya wildcard.
Peserta ajang lomba surving WSL Banyuwangi 2022/Antara
Peserta ajang lomba surving WSL Banyuwangi 2022/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ajang World Surfing League (WSL tingkat dunia di Pantai Plengkung (G-Land), Banyuwangi, Jawa Timur diharapkan dapat mengangkat kembali Indonesia sebagai tujuan wisata dunia. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan jadwal World Surfing League Championship Tour (WSL CT) G-Land Pro 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) digelar Sabtu (28/5/2022) hingga 6 Juni 2022 mendatang.

Sandiaga mengatakan atraksi para peselancar menunggang ombak ini bakal disaksikan jutaan penonton melalui streaming dari berbagai belahan dunia. 

“WSL memiliki social engagement tertinggi ketiga untuk ajang olahraga setelah National Basketball Association (NBA) dan National Football League (NFL/liga football AS), mengalahkan MotoGP yang berada di posisi sembilan,” ujar Sandiaga dilansir Antara, Sabtu (28/5/2022).

Kompetisi dalam periode lebih panjang seperti WSL, kata Airlangga, dinilai bisa meningkatkan durasi kunjungan (length of stay) para peselancar yang juga warga negara asing. 

Direktur Event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dessy Ruhati menambahkan bahwa wisata olahraga merupakan bagian dari pariwisata berkualitas yang menguntungkan lantaran target pasarnya sangat spesifik dan tersegmentasi dengan baik.

Menurut dia, sektor pariwisata berbasis olahraga menyumbang lima persen dari total penerimaan industri perjalanan dan pariwisata.

“Untuk meraih pariwisata berkualitas, kita bisa ditopang dengan pariwisata berbasis olahraga. Ini merupakan bagian dari portofolio produk wisata Indonesia yang secara konsisten didukung pengembangan dan diversifikasinya,” ungkapnya.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI) Arya Sena Subyakto menyatakan penyelenggaraan WSL di G-Land memiliki keunikan tersendiri karena berada di dalam Taman Nasional Alas Purwo yang memiliki beberapa zona.

Sejumlah zona tersebut terdiri dari zona konservasi hingga pemanfaatan publik. Di tengah laut, juga dibangun judge tower sebagai tempat penilaian para juri mengingat ombak bergelombang di tengah.

Hal ini dianggap menandakan bahwa G-Land memiliki ombak dengan karakteristik salah satu yang terbaik di dunia dengan panjang gelombang bisa mencapai dua kilometer.

“Tidak semua lokasi turnamen selancar menggunakan judge tower di tengah laut dan saat ini hanya ada di Tahiti dan Fiji,” kata Arya.

Ajang WSL akan disiarkan melalui website www.worldsurfleague.com atau bisa diunduh dengan aplikasi Android maupun IOS. Liga selancar G-Land ini dijadwalkan berlangsung pada 28 Mei-6 Juni 2022, diikuti total 36 peselancar, yakni 12 peserta putri dan 24 peserta putra, termasuk dua di antaranya wildcard.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper