Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luhut Mau Audit Perusahaan Sawit, Masalah Minyak Goreng Bisa Beres?

Menko Marves berencana melakukan audit menyeluruh terhadap perusahaan sawit sebagai upaya pemerintah mengendalikan harga minyak goreng.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 26 Mei 2022  |  17:36 WIB
Luhut Mau Audit Perusahaan Sawit, Masalah Minyak Goreng Bisa Beres?
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan materi saat menjadi pembicara pada Diplomasi Maritim Indonesia di Jakarta, Jumat (22/2/2019). - ANTARA/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berencana melakukan audit menyeluruh terhadap perusahaan sawit sebagai upaya pemerintah mengendalikan harga minyak goreng.

Direktur Eksekutif CORE Indonesia Mohammad Faisal mengatakan audit menyeluruh akan cukup efektif untuk memantau distribusi serta penerapan good governance di perusahaan-perusahaan sawit. Namun, hal tersebut dinilai hanya efektif untuk jangka pendek.

"Sebab, masalahnya selama ini minyak goreng tidak dikontrol oleh negara. Rantai pasok produk sawit lebih banyak dari swasta. Padahal, minyak goreng adalah bahan pokok penting yang menyangkut hajat hidup orang banyak," kata Faisal kepada Bisnis, Kamis (26/5/2022).

Sementara itu, untuk jangka panjang, Faisal menilai diperlukan peran lebih besar dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai dari pengawasan proses pasokan sampai dengan distribusi minyak goreng.

Peran tersebut, ujarnya, sudah cukup lama dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) yang mengurusi bahan bakar minyak (BBM) dan bisa diadaptasi untuk komoditas sawit beserta turunannya.

Sebagai informasi, rencana audit terhadap perusahaan sawit sebelumnya disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Hal itu disampaikan Luhut usai ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi bagian dari tim koordinasi dan pengawasan Satgas Pangan terkait dengan minyak goreng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpo sawit minyak goreng Luhut Pandjaitan
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top