Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waskita Catat 3 Juta Kendaraan Melintas Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

Ruas-ruas jalan tol yang menjadi kontributor utama di antaranya adalah ruas tol Kanci – Pejagan, Pejagan – Pemalang, dan Pemalang – Batang yang merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Trans Jawa, serta Kayu Agung – Palembang – Betung yang merupakan bagian dari ruas Jalan tol Trans Sumatra.
Tol Kanci/Istimewa
Tol Kanci/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- PT Waskita Toll Road mencatat sebanyak 3 juta kendaraan telah melintas di sepanjang ruas jalan tol yang dikelola oleh perseroan selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Direktur Utama Waskita Toll Road Septiawan Andri Purwanto mengatakan ruas-ruas jalan tol yang menjadi kontributor utama di antaranya adalah ruas tol Kanci – Pejagan, Pejagan – Pemalang, dan Pemalang – Batang yang merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Trans Jawa, serta Kayu Agung – Palembang – Betung yang merupakan bagian dari ruas Jalan tol Trans Sumatra.

Septiawan memaparkan bahwa kendaraan yang melintasi ruas Jalan Tol Trans Jawa selama arus mudik Lebaran 2022 yakni pada periode H-10 sampai dengan H-2 Lebaran mengalami kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan volume lalu lintas normal.

Volume lalu lintas di Jalan Tol Kanci – Pejagan terdapat 790.048 kendaraan yang melintas, 570.137 kendaraan yang melintas di ruas tol Pejagan – Pemalang, dan 543.383 kendaraan melintasi ruas tol Pemalang – Batang.

Sementara itu, volume lalu lintas yang tercatat di ruas tol Kapal Betung selama periode arus mudik mencapai 155.078 kendaraan.

"Jika dibandingkan dengan arus mudik tahun 2019, volume kendaraan di tahun ini meningkat hingga 20 persen," ujar Septiawan dalam keterangan resminya, Jumat (13/5/2022).

Pada puncak arus balik Lebaran 2022 yakni pada periode H+1 sampai dengan H+4 Lebaran, volume lalu lintas kendaraan yakni 374.106 kendaraan melintas pada ruas tol Kanci – Pejagan, 295.833 kendaraan pada ruas tol Pejagan – Pemalang, 291.034 kendaraan pada ruas tol Pemalang – Batang, dan 75.260 kendaraan pada ruas tol Kapal Betung.

Sementara itu, diperkirakan jumlah kendaraan dari H+5 sampai dengan H+10 Lebaran pada ruas tol Kanci – Pejagan,

Pejagan – Pemalang, dan Pemalang – Batang secara keseluruhan akan bertambah sekitar 814.930 kendaraan.

"Jumlah kendaraan yang melintas di ruas-ruas tol Waskita Toll Road selama pekan mudik tersebut merupakan angka tertinggi sejak ruas-ruas tol perseroan beroperasi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper