Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hutama Karya dan Waskita Karya (WSKT) Dapat Sumber Pembiayaan dari Indonesia Investment Authority

INA bekerja sama dengan Hutama Karya untuk investasi di sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatra, yakni di Tol Bakauheni–Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung, dan Tol Medan–Binjai, sedangkan kerja sama dengan Waskita Toll Road berbentuk konfirmasi dimulainya transaksi (confirmation of transaction commencement/CTC) mencakup ruas-ruas Tol Kanci–Pejagan dan Tol Pejagan–Pemalang.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 14 April 2022  |  19:52 WIB
Hutama Karya dan Waskita Karya (WSKT) Dapat Sumber Pembiayaan dari Indonesia Investment Authority
Ilustrasi - Foto udara jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari Trans Sumatra, di Lampung. Ruas tol ini kini menjadi nadi ekonomi penting yang menghubungkan Sumatra dan pulau Jawa. - Bisnis / Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Lembaga Pengelola Investasi atau LPI, yang dikenal sebagai Indonesia Investment Authority atau INA, mengumumkan kerja sama investasi di sejumlah ruas jalan tol dengan PT Hutama Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT). Kerja sama bertujuan untuk percepatan pengembangan jalan tol di Indonesia.

Penandatanganan perjanjian induk (heads of agreement/HOA) antara INA dengan Hutama Karya dan PT Waskita Toll Road, anak usaha Waskita berlangsung pada Kamis (14/4/2022). Penandatangan kerja sama berlangsung di Kementerian Keuangan, Jakarta, disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Chief Executive Officer (CEO) INA Ridha Wirakusumah, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, Direktur Utama PT Waskita Karya Destiawan Soewardjono, dan Direktur Utama Waskita Toll Road Septiawan Andri Purwanto.

Ridha menyatakan bahwa investasi untuk percepatan pembangunan dan pengembangan jalan tol akan menciptakan efek multiplikasi pada pertumbuhan ekonomi. Selain itu, pengembangan infrastruktur akan mengoptimalkan potensi ekonomi, terutama di Sumatera dan Jawa, dengan jalan tol yang membentang di pulaunya.

“Investasi ini menunjukkan sinyal positif bagi iklim investasi di Indonesia, terutama minat investasi di sektor infrastruktur jalan tol Indonesia. Kami akan terus menggalang investasi untuk sektor-sektor lain yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan memberikan dampak positif pada pembangunan berkelanjutan,” ujar Ridha pada Kamis (14/4/2022).

INA bekerja sama dengan Hutama Karya untuk investasi di sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatra, yakni di Tol Bakauheni–Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung, dan Tol Medan–Binjai.

Adapun, kerja sama dengan Waskita Toll Road berbentuk konfirmasi dimulainya transaksi (confirmation of transaction commencement/CTC) mencakup ruas-ruas Tol Kanci–Pejagan dan Tol Pejagan–Pemalang.

“Investasi dari INA menjadi sumber pembiayaan baru, melengkapi dana Penyertaan Modal Negara (PMN) dan pinjaman, yang membantu kami mempercepat pembangunan ruas-ruas JTTS lainnya,” ujar Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur investasi waskita karya hutama karya Lembaga pengelola investasi
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top