Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Matangkan Pembangunan IKN, Kementerian PUPR Kembali Studi Banding di BSD City

Studi banding ke Sinasmas Land diharapkan dapat memberikan masukan untuk pengembangan konsep dan strategi serta desain pengembangan yang telah dilaksanakan di BSD City.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermalam menggunakan tenda di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14 Maret 2022) - BPMI Setpres.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermalam menggunakan tenda di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14 Maret 2022) - BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali melakukan studi banding ke kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan yang dikembangkan oleh Sinarmas Land.

Saat ini, pemerintah terus melaksanakan penyusunan perencanaan yang matang untuk pembangunan infrastruktur khususnya kawasan perumahan di Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan pihaknya baik para pejabat maupun tim yang tergabung di dalam penyusunan perencanaan untuk perumahan di Ibu Kota Nusantara (IKN) melakukan studi banding ke Sinasmas Land untuk mempelajari beberapa konsep dan strategi serta desain pengembangan yang telah dilaksanakan di BSD City.

Menurutnya, pengembangan dan pembangunan kawasan perumahan dan permukiman oleh Sinarmas Land sangat baik dan bias dilaksanakan di daerah lain.

"Adanya koordinasi yang baik antara pengembang BSD City dengan pemerintah pusat dan daerah tentu akan mewujudkan lingkungan yang tertata sekaligus membuat masyarakat yang tinggal dapat hidup dengan aman dan nyaman," ujarrnya dalam siaran pers, Kamis (17/3/2022).

Selain itu, pihak Sinarmas Land juga menyesuaikan pembangunan sesuai dengan kontur alam serta menjaga sekaligus kelestarian lingkungan dengan baik.

Pengembangan kawasan dengan mendorong pemanfaatan teknologi informasi juga didukung dengan pelestasian sosial budaya lokal yang ada membuat kawasan tersebut semakin maju dan menarik minat para investor untuk berinvestasi di daerah tersebut.

“Kami cukup mendapatkan informasi yang baik dari SInarmas Land dan kiranya sangat bermanfaat bagi kami Ditjen Perumahan dalam rangka mempersiapkan khususnya perencanaan dan pengelolaan perumahan yang akan kita kembangkan di IKN ke depannya,” tuturnya.

Untuk diketahui, pada Selasa (15/3/2022), Direktorat Jenderal Perumahan melihat langsung konsep pengembangan kawasan BSD City di maket yang cukup besar di Kantor Pemasaran BSD City.

Selain itu, para peserta studi banding juga melaksanakan peninjauan lapangan ke sejumlah proyek di kawasan BSD Green Office Park yaitu Gedung Sinar Mas Land Plaza, Gedung Green Office Park (GOP) 9, ruang pusat kendali atau command center Kawasan BSD, CityGrha Unilever, serta mall tanpa dinding The Breeze.

“Kami berharap para pejabat dan generasi muda Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR ke depan bisa mendapatkan pengalaman serta pengetahuan yang baik dalam penyusunan konsep pembangunan perumahan seperti di BSD City ini. Ada beberapa hal yang dikembangkan oleh BSD terkait dengan pentahapan pembangunan kemudian beberapa konsep hijau atau green, smart dan berkelanjutan atau sustainable yang tampaknya harus diadopsi sekaligus menyiapkan fasilitas untuk kelompok-kelompok milenial yang akan pindah di IKN,” ucap Iwan.

Head of Corporate Governance & Sustainability Sinar Mas Land Ignesjz Kemalawarta menuturkan sejumlah program dan kebijakan dalam pembangunan antaranya tahapan-tahapan dalam pembangunan kawasan BSD City dari awal hingga saat ini, transisi pembangunan BSD City menuju pembangunan yang rendah emisi karbon serta transformasi BSD City menjadi kota berbasis digital.

“Kami akan mempelajari terlebih dulu apa saja yang bisa dilaksanakan Sinarmas Land dalam pembangunan IKN. Pada dasarnya Pembangunan IKN ini sebenarnya suatu tahap yang sangat strategis dalam rangka menyeimbangkan pembangunan barat dan timur. Ini langkah yang sangat penting dalam sejarah Indonesia sehingga bisa menyeimbangkan pembangunan untuk masyarakat termasuk penyediaan hunian yang layak huni,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper