Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uang Peringatan Kemerdekaan RI ke- 75 Masuk 5 Currency Awards

Prestasi ini memperkuat apresiasi dunia internasional terhadap Rupiah.
Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI/Istimewa
Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Uang Peringatan Kemerdekaan 75 tahun RI (UPK 75 RI) masuk lima Currency Awards tahun 2022, bersama dengan empat finalis mata uang lainnya.

Keempat finalis mata uang itu adalah uang kertas N$30 dari Bank Sentral Namibia, Uang Kertas Peringatan 20 Pesos Seri G Kemerdekaan 200 tahun Meksiko dari Bank Sentral Meksiko, Uang Peringatan 20 Quetzales dari Bank Sentral Guatemala, Uang Kertas Khusus S$20 Peringatan Dua Abad Singapura dari Otoritas Moneter Singapura.

Masuknya UPK 75 RI sebagai finalis Uang Kertas Peringatan Baru atau Peredaran Terbatas Terbaik di dunia tentu saja menjadi kebanggaan dan pengakuan dunia terhadap kualitas uang Rupiah Indonesia

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menyampaikan prestasi tersebut juga memperkuat apresiasi dunia internasional kepada Rupiah, yang mana tidak hanya berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia, namun juga sebagai salah satu simbol kedaulatan Indonesia.

UPK 75 RI diluncurkan pada 2020 silam, sebagai peringatan 75 tahun kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020. UPK 75 RI sendiri menggambarkan tiga tema besar yaitu Mensyukuri Kemerdekaan, Memperteguh Kebhinekaan dan Menyongsong Masa Depan Gemilang.

Currency Awards sendiri merupakan penghargaan yang diselenggarakan oleh International Association of Currency Affairs (IACA), terhadap pencapaian atas perkembangan dan inovasi di sektor pembayaran tunai. Di tahun 2022, IACA Currency Awards diikuti oleh 39 negara.

Penilaian Currency Awards  ditentukan melalui kurasi komite penyelenggara dan pemungutan suara seluruh anggota IACA yang mencakup: pertama, inovasi fitur dan teknologi yang digunakan, kedua, integrasi fitur pengaman dan desain, ketiga inovasi desain grafis, dan terakhir nilai keunikan, sejarah dan unsur lokal.

Sebagai informasi, IACA adalah sebuah forum konsultasi dan kolaborasi bagi para pelaku sistem pembayaran tunai dimana anggotanya terdiri dari bank sentral, otoritas penerbit uang, perusahaan pencetakan uang, pemasok bahan dan unsur pengaman uang serta institusi keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper