Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bos BI Optimistis Ekonomi Indonesia Tahun Ini Tumbuh 5,4 Persen

Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan proyeksi pertumbuhan Indonesia ada di dalam kisaran di kisaran 4,7 hingga 5,4 persen pada tahun ini.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 26 Januari 2022  |  11:47 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan mencapai 5,4 persen.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dalam acara Peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia (LPI), Laporan Tahunan Bank Indonesia (LTBI), serta Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia (LEKSI) 2021, Rabu (26/1/2022).

“Dalam Laporan Perekonomian Indonesia, kami sampaikan secara rinci optimisme kami di 2022, pertumbuhan ekonomi Insyaallah akan lebih baik di kisaran 4,7 hingga 5,4 persen,” katanya.

Perry menyampaikan, tekanan inflasi pun akan mengalami peningkatan pada tahun ini. Namun, BI yakin tingkat inflasi dapat terkendali dan terjaga dalam kisaran 2 hingga 4 persen.

“Nilai tukar akan mengalami tekanan pada tahun ini, tapi komitmen kami untuk menjaga stabilitas nilai tukar, berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan,” tuturnya.

Perry kembali menegaskan, kebijakan moneter bank sentral tahun ini akan diarahkan untuk menjaga stabilitas perekonomian.

Sementara itu, kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran, pendalaman pasar uang, serta ekonomi-keuangan inklusif dan hijau, tetap diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dia menyampaikan, BI terus memperkuat sinergi dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dan pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Pada kesempatan ini, perry juga meminta kepada industri perbankan untuk mulai gencar menyalurkan kredit atau pembiayaan. BI memperkirakan, pertumbuhan kredit tahun ini akan mencapai kisaran 7 hingga 9 persen.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia pertumbuhan ekonomi indonesia
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top