Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IMF Desak El Savador Cabut Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran

Direktur IMF menekankan bahwa ada risiko yang berhubungan antara penggunaan bitcoin terhadap stabilitas keuangan, integritas keuangan, dan perlindungan konsumen, juga kewajiban kontigen fiskal terkait.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 26 Januari 2022  |  12:04 WIB
Ilustrasi aset kripto Bitcoin - Freepik
Ilustrasi aset kripto Bitcoin - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - International Monetary Fund (IMF) mendesak El Savador untuk menyingkirkan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Dilansir CNBC pada Rabu (26/1/2022), para direktur IMF menekankan bahwa ada risiko yang berhubungan antara penggunaan bitcoin terhadap stabilitas keuangan, integritas keuangan, dan perlindungan konsumen, juga kewajiban kontigen fiskal terkait.

Seperti diketahui, negara Amerika tengah ini menjadi negara pertama yang mengadopsi mata uang kripto sebagai alat pembayaran resmi, sama dengan dolar AS.

Presiden El Savador Nayib Bukele telah menambahkan ratusan bitcoin ke neraca keuangan negara dalam beberapa bulan terakhir. Pada Jumat, dia mengunggah cuitan bahwa dia telah menambah US$15 juta bicoin murah pada saat pasar kripto anjlok. Seperti diketahui, pasar bitcoin merosot hingga 50 persen dari rekor tertinggi pada November.

Laporan IMF memperingatkan risiko kripto seiring dengan rencana Presiden Bukele menerbitkan US$1 miliar obligasi bitcoin yang bekerja sama dengan Blockstream, perusahaan infrastruktur aset digital.

Perlu diketahui, El Salvador telah mengajukan pinjaman senilai US$1,3 miliar kepada IMF sejak awal 2021. Masalah bitcoin ini kemungkinan akan mempersulitnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imf bitcoin
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top