Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhir 2021, Pelni Genjot Bisnis Angkutan Barang

Pelni menggenjot bisnis angkutan barang pada akhir 2021 sejalan dengan kinerja yang meningkat.
Ilustrasi aktivitas bisnis angkutan barang Pelni. /Dok. Pelni
Ilustrasi aktivitas bisnis angkutan barang Pelni. /Dok. Pelni

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni masih menggenjot peluang di sektor logistik seiring dengan pertumbuhan yang menggembirakan hingga November 2021.

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Pelni Yahya Kuncoro menjelaskan untuk kinerja kargo umum telah mencapai 2.360 ton atau naik 32,32 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Selain itu, angkutan barang yang ada di kapal penumpang juga mengalami peningkatan.

“Hingga November 2021, Pelni mengangkut kontainer di kapal penumpang mencapai 10.412 TEUs. Angka tersebut menunjukan peningkatan hingga 19,43 persen dibandingkan periode yang sama pada 2020,” ujarnya, Kamis (30/12/2021).

Tak hanya angkutan barang, angkutan kendaraan perseroan juga meningkat pada periode tersebut. Tercatat ada tiga kapal Pelni yang dimanfaatkan untuk mengangkut kendaraan. Dari tiga kapal tersebut, tingkat okupansi pada periode November 2021 membukukan penaikan hingga 11,43 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Belum lagi peningkatan angkutan logistik juga meningkat pada layanan red pack Pelni. Layanan tersebut khusus untuk mengangkut barang ritel hingga e-commerce.

"Untuk Red Pack itu pada November 202 naik sekitar 170,92 persen dibanding tahun lalu atau hingga 752 kilogram," ujar Yahya.

Melihat potensi yang bagus terhadap angkutan barang e-commerce. Yahya memastikan, Pelni akan memanfaatkan peluang tersebut dengan menambah fasilitas rak dan ruang khusus untuk red pack.

Secara lebih rinci, Pelni juga mengangkut kargo di kapal perintisnya yang hingga November 2021 juga tumbuh sebesar 21,57 persen.

Sementara untuk kapal barang yani tol laut, Yahya menuturkan juga terdapat peningkatan kinerja. Okupansi muatan balik kapal tol laut sudah mencapai 40 persen dan muatan berangkat mencapai 60 persen. Dari sisi load factor tol laut telah mencapai 84 persen sesuai yang direncanakan dan secara keseluruhan dibandingkan periode yang sama tahun lalu naik 53 persen.

Pelni juga menyediakan kapal ternak, Yahya menuturkan terdapat peningkatan 17 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hingga November 2021, Pelni mengangkut ternak hingga 7.150 ekor.

"Kami dari sebelumnya melayani penumpang sekarang sudah merambah ke logistik. Jadi kita manfaatkan sebaik mungkin dan maksimal," tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper