Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Natal 2021, Sebanyak 1,4 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 5,0 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 1.354.453 kendaraan."
Ilustrasi - Kendaraan melintas di ruas tol Tangerang-Merak di Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (2/12/2021)./Antara
Ilustrasi - Kendaraan melintas di ruas tol Tangerang-Merak di Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (2/12/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat sebanyak 1.422.094 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-8 sampai dengan hari H perayaan Natal 2021 atau periode 17-25 Desember 2021.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengatakan angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu Cikupa (arah Merak), Ciawi (arah Puncak), dan Cikampek Utama serta Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 5,0 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 1.354.453 kendaraan," kata Dwimawan, Minggu (26/12/2021).

Dia memerinci, untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju keempat arah adalah mayoritas sebanyak 653.582 kendaraan (46,0%) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), menuju Arah Barat (Merak) 446.452 kendaraan (31,4%), dan 322.060 kendaraan (22,6%) menuju arah Selatan (Puncak).

Untuk arah Timur, lanjutnya, lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 339.872 kendaraan, naik sebesar 11 persen dari lalin normal.

Sementara lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 313.710 kendaraan, naik sebesar 4,9 persen dari lalin normal.

"Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 653.582 kendaraan, naik sebesar 8,0 persen dari lalin normal," tutur Dwimawan.

Selanjutnya arah Barat, dia menyebut lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 446.452 kendaraan, naik 2,3 persen dari lalin normal.

Sementara itu, sambung Dwimawan, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi (arah Selatan) sebanyak 322.060 kendaraan, naik sebesar 2,9 persen dari lalin normal.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada setiap pengguna jalan tol agar memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan) saat berada di rest area, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper