Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Garuda Indonesia (GIAA) Perluas Rute Penerbangan Kargo ke Vietnam

Perluasan jaringan penerbangan kargo ke Vietnam ini merupakan langkah berkelanjutan Garuda Indonesia dalam memaksimalkan potensi direct call antara kedua negara untuk berbagai komoditas ekspor unggulan nasional seperti produk manufaktur, garmen, dan suku cadang.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 17 Desember 2021  |  20:23 WIB
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Yogyakarta. - Antara
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Yogyakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia (GIAA) kali ini memperluas konektivitas jaringan penerbangan kargo internasionalnya menuju Saigon, Vietnam.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan perluasan ini melalui rute penerbangan Makassar - Singapura - Saigon - Jakarta. Rute tersebut resmi dilayani pada 15 Desember 2021 dengan armada Airbus A330-300 sebanyak satu kali dalam sepekan.

"Perluasan jaringan penerbangan kargo ke Vietnam ini merupakan langkah berkelanjutan Garuda Indonesia dalam memaksimalkan potensi direct call antara kedua negara untuk berbagai komoditas ekspor unggulan nasional seperti produk manufaktur, garmen, suku cadang, hingga komoditas kemaritiman," ujar Irfan, Jumat (17/12/2021).

Menurutnya, perluasan konektivitas layanan penerbangan kargo ke Saigon tersebut sejalan dengan potensi perdagangan antara Indonesia dan Vietnam yang menunjukan potensi menjanjikan.

Adapun, lanjutnya, nilai perdagangan antara kedua negara tersebut meningkat secara berkala hingga lebih dari 66 persen selama tiga tahun terakhir.

"Pada tahap awal, layanan penerbangan kargo menuju Saigon, Vietnam tersebut dilayani melalui penerbangan charter yang berangkat dari Makassar menuju Singapura pada pukul 15.15 LT, kemudian dilanjutkan dengan penerbangan menuju Saigon, Vietnam yang bertolak dari Singapura pada pukul 19.55 LT dan tiba di Saigon pada pukul 21.20 LT," terang Irfan.

Dia menambahkan, perluasan konektivitas rute khusus kargo ini merupakan salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan terus dioptimalkan.

Hal itu, sambung Irfan, selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang diproyeksikan akan terus tumbuh ke depannya.

"Garuda Indonesia hingga Q3-2021 berhasil mencatatkan peningkatan trafik angkutan kargo internasional sebesar 90 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Irfan menjelaskan bahwa pengoptimalan layanan pengiriman kargo internasional memiliki arti penting. Bukan saja bagi upaya pemulihan kinerja Garuda Indonesia, namun juga bagi peran perseroan sebagai national flag carrier dalam mendukung aktivitas ekspor nasional.

Dalam kaitan tersebut, dia mengaku Garuda Indonesia sebelumnya telah mendukung sejumlah aktivitas direct call pengiriman komoditas ekspor, di antaranya pengiriman produk industri lokal berupa sepatu dari Jakarta ke Milan, Italia; pengiriman marine products dari Jakarta ke Taipei, Taiwan; hingga aktivitas ekspor perdana lada putih dari Pangkal Pinang menuju Kanada dan Amsterdam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vietnam
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top