Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Industri Farmasi Terjepit, Ini Sebabnya

Di tengah melandainya Covid-19 di Indonesia, kondistri industri farmasi malah diproyeksi melambat.
Petugas menyiapkan obat Covid-19 di gudang instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/7/2021). Mulai hari ini, Pemerintah Pusat resmi membagikan sebanyak 300.000 paket obat gratis berupa multivitamin, Azithtromycin, dan Oseltamivir bagi pasien  Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Petugas menyiapkan obat Covid-19 di gudang instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/7/2021). Mulai hari ini, Pemerintah Pusat resmi membagikan sebanyak 300.000 paket obat gratis berupa multivitamin, Azithtromycin, dan Oseltamivir bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA — Gabungan Pengusaha Farmasi Indonesia (GPFI) memprediksi pertumbuhan industri akan melambat di kuartal terakhir tahun ini karena kontribusi yang menurun dari obat-obatan terkait Covid-19.

Direktur Eksekutif GP Farmasi Elfiano Rizaldi menyatakan pertumbuhan 9,71 persen di industri kimia, farmasi, dan obat tradisional pada kuartal III/2021 banyak ditunjang oleh permintaan obat terkait Covid-19 saat terjadi lonjakan kasus di Indonesia. Tidak hanya obat terkait Covid, tetapi juga multivitamin dan penunjang kesehatan lainnya.

"Di kuartal empat, permintaan obat Covid sudah labih kecil bahkan minim sekali, tapi untuk pasien non-Covid belum kembali normal," kata Elfiano saat dihubungi Bisnis, Kamis (16/12/2021).

Dia mensinyalir masyarakat masih ada kekhawatiran dari masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan secara langsung di rumah sakit.

Sementara itu, Elfiano menaksir pertumbuhan industri untuk sepanjang tahun ini akan berkisar 9 persen hingga 9,5 persen.

Sebelumnya, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) industri kimia, farmasi, dan obat tradisional tumbuh ekspansif selama tiga kuartal berturut-turut pada tahun ini, yakni 11,46 persen, 9,15 persen, dan 9,71 persen. Disebutkan bahwa pertumbuhan terutama didukung oleh peningkatan produksi obat-obatan untuk memenuhi permintaan domestik dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Adapun, dengan asumsi optimistis tidak akan gelombang Covid-19 berikutnya pada tahun depan, pertumbuhan industri akan melambat 3 persen hingga 4 persen pada 2022.

"Kemungkinan pasien non-Covid masih belum kembali normal pada tahun depan," ujarnya.

Dia juga mengatakan menurunnya kasus Covid-19 di Tanah Air dalam beberapa bulan terakhir menyebabkan industri mengalami kelebihan stok obat terkait pandemi. Karenanya, jika terjadi gelombang ketiga pandemi karena masuknya varian Omicron ke Indonesia, Elfiano mengatakan industri farmasi sudah siap dengan stok obat yang memadai.

"Kalau terjadi gelombang ketiga, dengan guidance dari WHO yang masih tetap menggunakan obat Covid varian Delta, kami sangat siap menyediakan obat-obatan terkait Covid," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper