Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasan Menteri BUMN Erick Thohir Urus Toilet SPBU Pertamina

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menegur Pertamina soal pungutan uang di toilet SPBU. Menurutnya, seluruh SPBU Pertamina, termasuk yang kerja sama dengan swasta seharusnya tidak memungut biaya apapun untuk fasilitas umum tersebut, alias gratis.  
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 24 November 2021  |  19:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir berbincang dengan penjaga toilet SPBU Pertamina.  - Tangkapan layar
Menteri BUMN Erick Thohir berbincang dengan penjaga toilet SPBU Pertamina. - Tangkapan layar

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir belum lama ini meminta PT Pertamina (Persero) untuk menggratiskan toilet di seluruh SPBU, termasuk yang berkerja sama dengan swasta. 

Erick Thohir menjelaskan permintaan itu didasari oleh keprihatinannya dari toilet-toilet yang ada di SPBU dikenakan pungutan. Padahal, toilet merupakan fasilitas umum yang sudah seharusnya dapat digunakan masyarakat secara gratis.

"Saya cuman melihat ya prihatin karena kan kalau berbayar itu apa gini fasilitas umum yang sudah layaknya gratis ini membebani untuk tukang ojek tukang taksi pedagang kecil yang memang pendapatannya juga kan terbatas dan harus mengeluarkan hal-hal yang seyogyanya memang harus didukung untuk fasilitas umum ini jadi seperti itu tidak ada bermaksud apa-apa," ujar Erick seperti dikutip dalam unggahan di akun Twitter pribadinya, Rabu (24/11/2021).

Menurut Erick Thohir, masukan dari masyarakat akan sangat berdampak baik terhadap transformasi di badan usaha milik negara (BUMN). Pasalnya, selain sebagai korporasi, BUMN bergerak sebgai pelayaanan publik yang tentunya harus melayani masyarakat dengan baik.

Melalui masukan itu, lanjut Erick Thohir, diharapakan dapat menjadi sebuah introspeksi kepada BUMN untuk bisa melayani masyarakat lebih baik tanpa adanya pungutan-pungutan yang membebani masyarakat.

"Tentu kekhawatiran dari kebersihan atau lain-lainnya yaitu hal-hal yang memang kalau di fasilitas umum harus menjadi tanggung jawab ya kalau kita ingin melayani semua nggak boleh setengah-setengah, dan saya yakin kemarin dari Pertamina sendiri sudah langsung merespon. Saya mengucapkan terima kasih kepada direksi di mana mereka sekarang menggratiskan di tempat toilet ininya dan ini bagian dari pada Pertamina melayani publik dengan baik," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menegur Pertamina soal pungutan uang di toilet SPBU. Menurutnya, seluruh SPBU Pertamina, termasuk yang kerja sama dengan swasta seharusnya tidak memungut biaya apapun untuk fasilitas umum tersebut, alias gratis.  

"Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina toiletnya enggak boleh bayar harus gratis," kata Erick, dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagramnya (22/11/2021).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina erick thohir
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top