Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sandiaga Uji Coba PeduliLindungi untuk Hotel dan Restoran di 4 Kota

Menparekraf akan memperluas penggunaan PeduliLindungi untuk sektor hotel, restoran, hingga kafe di 4 kota.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 07 September 2021  |  10:20 WIB
Sandiaga Uji Coba PeduliLindungi untuk Hotel dan Restoran di 4 Kota
Pengunjung berjalan di area pusat perbelanjaan Boxies123 Mall, Tajur, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/6/2021). Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengharapkan insentif keringanan pajak dari pemerintah menyusul rencana pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) yaitu pembebasan PPN serta penghapusan sementara pajak-pajak yang bersifat final seperti misalnya PPN dan PPh final atas sewa serta biaya penggantian listrik. - ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan memperluas penggunaan aplikasi PeduliLindungi di semua sektor usaha parekraf.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S. Uno mengatakan aplikasi PeduliLindungi akan diperluas penggunaannya dari yang sebelumnya hanya di mal, menjadi ke hotel, restoran, dan kafe.

"Piloting akan dilakukan di empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya," kata Sandiaga dalam siaran pers, Selasa (7/9/2021).

Dia menjelaskan rencananya, penggunaan Aplikasi PeduliLindungi akan menggunakan filtering empat kondisi user yaitu hijau, kuning, merah, dan hitam. Adapun pengunjung diperkenankan masuk ke tempat-tempat tersebut adalah pengunjung dengan kondisi hijau dan kuning.

Selain itu, ujarnya, bersama dengan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Kemenparekraf akan menerbitkan surat edaran bersama mengenai imbauan untuk penggunaan aplikasi PeduliLindungi secara bertahap sesuai dengan koordinasi Kemenko Marves dan Kemenkes.

"Penggunaan aplikasi, termasuk untuk MICE di hotel-hotel juga akan dipertimbangkan," ujarnya.

Dalam sektor pariwisata sendiri, penggunaan PeduliLindungi belum mencapai tahap optimal. Oleh karena itu, Sandiaga mengajak masyarakat untuk memberikan benefit of the doubt terhadap aplikasi buatan pemerintah tersebut.

"Berikan kesempatan kepada PeduliLindungi untuk bisa lebih disempurnakan, dioptimalkan, dan pada saat yang sama dibiasakan dalam penggunaannya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel Pedulilindungi
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top