Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Libur Iduladha: Catat! Operasional KRL Jabodetabek, dan Yogyakarta-Solo Berubah

Pola operasi KRL Jabodetabek pada libur Hari Raya Idul Adha [20/7/2021] ini terdiri dari 778 perjalanan KRL dengan 82 rangkaian kereta.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 20 Juli 2021  |  12:41 WIB
Libur Iduladha: Catat! Operasional KRL Jabodetabek, dan Yogyakarta-Solo Berubah
Ilustrasi-Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/7/2020). - ANTARA/Fakhri Hermansyah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT KAI Commuter menyesuaikan operasional KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta – Solo, dan KA Prambanan Ekspres pada masa Hari Raya Iduladha pada Selasa (20/7/2021).

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menuturkan, KRL maupun KA Prambanan Ekspres juga tetap beroperasi hanya untuk pekerja di sektor esensial dan kritikal dengan aturan mengenai syarat dokumen perjalanan tetap berlaku.

Dia menegaskan, aturan mengenai tetap berlakunya syarat dokumen perjalanan bagi pengguna KRL dan KA lokal ini mengacu pada SE No.54/2021 tanggal 18 Juli tentang Perubahan Kedua Atas Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 42 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19.

“Pola operasi KRL Jabodetabek pada libur Hari Raya Idul Adha [20/7/2021] ini terdiri dari 778 perjalanan KRL dengan 82 rangkaian kereta. Jam operasional KRL juga tetap pukul 04.00 – 21.00 WIB dengan penyesuaian frekuensi perjalanan di luar jam-jam sibuk,”ujarnya melalui siaran pers, Selasa (20/7/2021).

Untuk operasional KRL Yogyakarta – Solo PP hari ini beroperasi dengan 12 perjalanan per hari. Sedangkan KA Prambanan Ekspres Yogyakarta – Kutoarjo PP akan melayani pengguna dengan empat perjalanan. Seluruh syarat dokumen perjalanan juga diwajibkan bagi pengguna KRL maupun KA Prambanan Ekspres.

KAI Commuter juga hendak mengajak para pengguna yang masih beraktivitas dengan KRL maupun KA Lokal untuk mengikuti seluruh protokol kesehatan yang berlaku di stasiun maupun di dalam kereta.

Para pengguna diwajibkan menggunakan masker ganda dengan masker medis di dalam dan masker kain sebagai pelapis di luar. Bagi para pengguna yang telah menggunakan masker N95, KN95, maupun KF94 tidak perlu menggunakan masker ganda karena kemampuan filtrasi tiga jenis masker tersebut sudah mencukupi.

Selain itu, para pengguna diajak untuk mencuci tangannya sebelum dan sesudah menggunakan KRL dengan memanfaatkan wastafel tambahan di setiap stasiun yang telah tersedia. KAI Commuter juga menghimbau para pengguna tetap menjaga jarak aman sesama pengguna dengan mengikuti marka-marka di stasiun maupun kereta.

“KAI Commuter juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H bagi para pengguna jasa KRL yang merayakannya. Semoga dengan semangat pengorbanan yang kita pelajari dari Iduladha ini dapat menumbuhkan kebersamaan dan gotong royong dalam menghadapi berbagai tantangan di masa pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl iduladha
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top