Dukung Pengembangan Seni dan Ekonomi Kreatif, Angkasa Pura I Bangun YIA Art Corner di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo

Pojok seni yang dinamakan YIA Art Corner sebagai wujud pelestarian budaya Nusantara dan untuk memberikan layanan hiburan bagi pengguna jasa bandara, khususnya penumpang pesawat
Foto: dok. PT Angkasa Pura I
Foto: dok. PT Angkasa Pura I

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) tengah membangun suatu pojok seni yang dinamakan YIA Art Corner, di mana pada area ini ditampilkan seni dan budaya Yogyakarta sebagai wujud pelestarian budaya Nusantara dan untuk memberikan layanan hiburan bagi pengguna jasa bandara, khususnya penumpang pesawat.

"Angkasa Pura I sangat menghargai pengembangan budaya daerah sebagai salah satu aset pada sektor ekonomi kreatif yang juga dapat menunjang bisnis yang berkelanjutan. Pendirian YIA Art Corner di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk berkontribusi terhadap pengembangan kesenian sektor ekonomi kreatif daerah, khusus daerah Yogyakarta. Nantinya di YIA Art Corner akan menjadi etalase seni budaya daerah dengan menampilkan berbagai jenis pertunjukan dan atraksi seni budaya, baik seni tari, seni musik, dan seni olah tubuh. Selain itu, di YIA Art Corner juga disediakan wadah belajar kesenian daerah," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Di YIA Art Corner juga dibangun area Tugu Malioboro, di mana area ini merupakan duplikat ikon Kota Yogyakarta yaitu kawasan Malioboro dan Tugu. Di area Tugu Malioboro YIA akan dibangun suasana menyerupai suasana Tugu Malioboro dengan membangun duplikat Tugu Yogyakarta, sudut musik pengamen, stand oleh-oleh, stand lesehan, jajanan siap saji, sudut lukis wajah, stand makanan khas kering, becak shuttle, bonceng sepeda shuttle, gerobak dorong shuttle, dan lainnya.

Total terdapat 20 stand UMKM di area Tugu Malioboro YIA seluas 889,2 meter persegi. Adapun titik lokasi YIA Art Corner dan Tugu Malioboro YIA terletak di gedung penghubung lantai mezzanine yang menghubungkan terminal penumpang dengan gedung parkir kendaraan.

YIA Art Corner dan area Tugu Malioboro di YIA yang ditargetkan dapat hadir sepenuhnya pada 1 Agustus 2021 ini akan melengkapi area UMKM bandara terbesar di Indonesia, Pasar Kotagede YIA, yang sebelumnya sudah hadir sejak YIA diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 28 Agustus 2020 lalu.

Pasar Kotagede YIA memiliki luas 1.395 meter persegi dapat menampung sampai dengan 600 UMKM lokal Yogyakarta dan sekitarnya.

"Angkasa Pura I senantiasa berkomitmen untuk turut serta memajukan perekonomian daerah. Beberapa upayanya adalah dengan memberikan peluang bagi pelaku UMKM, pelaku seni budaya dan ekonomi kreatif dalam mempromosikan dan memperluas pangsa pasar bagi produk-produknya melalui keberadaan galeri seni dan UMKM di bandara-bandara Angkasa Pura I," ujar Faik Fahmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper