Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Aktivitas proyek pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (23/6/2020). Bisnis - Rachman
Premium

Resmi! BPJT Lelang Akses Tol Pelabuhan Patimban, Babak Baru Berlanjut

24 Mei 2021 | 06:46 WIB
Akses jalan tol ke Pelabuhan Patimban, Subang akan memudahkan pabrik yang ada di sekitar Cikarang, Karawang hingga Subang mengekspor produknya tanpa harus masuk ke Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Sementara, untuk pelabuhan sendiri akan dikelola oleh konsorsium CT Corp dan Indika Group.

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPJT PUPR) akhirnya memulai proses lelang jalan tol untuk akses ke pelabuhan Patimban. 

Akses tol untuk kepentingan transportasi barang ini sempat terkendala karena kelayakan proyek. Untuk itu pemerintah mengubah skema dari semula prakarsa swasta (unsolicited) menjadi prakarsa pemerintah (solicited). 

Perubahan skema ini akan memudahkan investor. Pasalnya dengan skema prakarsa pemerintah, permasalahan yang ada di dalam proyek seperti akses pembiayaan dapat diterobos dengan mendapat dukungan jaminan pemerintah bahkan dikerjakan sebagian oleh pemerintah.

Kementerian Pekerjaan Umum sendiri dalam market sounding awal Mei lalu menargetkan konstruksi proyek dapat dimulai pada 2022 mendatang dan rampung 18 bulan setelahnya.

Dalam pengumumannya, panitia lelang akses tol Pelabuhan Patimban menyebutkan, lelang prakualifikasi dilakukan secara elektronik. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top