Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Pekan Jelang Lebaran, Penumpang KRL Naik 3 Persen

KAI Commuter mencatat jumlah penumpang KRL meningkat hingga 3 persen mencapai 172.852 orang.
Penumpang KRL Commuter Line Bogor-Jatinegara KA6115 berdesakan,d an tanpa jarak yang berisiko tertular Covid-19./Twitter @annmaart20
Penumpang KRL Commuter Line Bogor-Jatinegara KA6115 berdesakan,d an tanpa jarak yang berisiko tertular Covid-19./Twitter @annmaart20

Bisnis.com, JAKARTA - Kurang dari dua pekan menjelang Lebaran, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter mencatat adanya penambahan pengguna KRL sekitar 3 persen dibandingkan dengan Senin pekan lalu.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan hari ini hingga pukul 09.00 WIB, jumlah pengguna KRL di seluruh stasiun mencapai 172.852 orang atau bertambah sekitar 3 persen dibanding Senin (26/4/2021) pekan lalu di waktu yang sama yaitu 166.914 orang.

"Seluruh layanan baik di stasiun maupun di dalam KRL Senin pagi ini berjalan kondusif. Para pengguna KRL mengikuti aturan yang berlaku dengan tertib dan mematuhi protokol kesehatan," katanya dalam siaran pers, Senin (3/5/2021).

Dia memerinci, stasiun yang mencatat kenaikan jumlah pengguna antara lain Stasiun Depok Baru dengan 8.180 pengguna (naik 10 persen dibanding pekan lalu di waktu yang sama), Stasiun Bekasi 9.900 pengguna (naik 4 persen), dan Stasiun Sudimara 5.664 pengguna (naik 3 persen).

"Sementara itu stasiun yang mencatat penurunan jumlah pengguna antara lain Stasiun Cilebut [8.525 pengguna, turun 1 persen]," jelasnya.

Selain itu Anne juga tidak lupa menginformasikan bahwa mulai hari ini, Stasiun Tanah Abang tidak akan melayani naik dan turun pengguna KRL pada pukul 15.00-19.00 WIB.

Dia menyebut, kebijakan itu diambil guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 dari adanya kepadatan aktivitas masyarakat di kawasan Tanah Abang. Dengan adanya kebijakan tersebut, para pengguna KRL yang biasanya naik dan turun di Stasiun Tanah Abang pada waktu tersebut diharapkan dapat menyesuaikan kembali perjalanannya.

Sebagai alternatif lanjutnya, bagi pengguna KRL tujuan Stasiun Rangkasbitung/Parungpanjang/Serpong dapat naik dan turun di Stasiun Palmerah. Sementara itu bagi pengguna KRL tujuan Stasiun Depok/Bogor/Nambo dan Stasiun Jatinegara dapat memanfaatkan untuk naik dan turun di Stasiun Karet, Stasiun Duri, maupun Stasiun Angke.

"Selain pada lintas pelayanan dan waktu-waktu tersebut layanan KRL berlangsung normal seperti biasanya," ujarnya.

Dia menambahkan, KAI Commuter juga terus mensosialisasikan kebijakan tersebut melalui Petugas Pelayanan KRL (PPK), petugas informasi di stasiun maupun spanduk di stasiun. Selain itu petugas di stasiun alternatif juga akan ditambah sebagai antisipasi meningkatnya pengguna KRL. Evaluasi juga akan dilakukan berkala mengenai kebijakan ini.

Sebelumnya pada Minggu (2/5/2021), situasi di Stasiun Tanah Abang terpantau ramai didatangi para pengguna KRL musiman yang hendak menuju dan dari Pasar Tanah Abang. Hingga pukul 17.00 WIB kemarin, KAI Commuter mencatat penguna KRL yang masuk di Stasiun Tanah Abang adalah sebanyak 37.349 pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper