Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungi Pasar Bawah Bukittinggi, Mendag Pastikan Pasokan Bahan Pokok Aman

Sejumlah komoditas terpantau tidak mengalami perubahan harga dari bulan lalu.
Kebutuhan pokok di pasar tradisional./Ilustrasi-Bisnis
Kebutuhan pokok di pasar tradisional./Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perdagangan terus memastikan agar harga barang kebutuhan pokok (bapok) tetap stabil dan pasokannya lancar saat menjelang dan selama bulan puasa tahun ini.

Hasil pantauan harga di Pasar Bukittinggi menunjukkan secara umum harga bapok stabil dan komoditas seperti beras, gula, dan tepung terigu tidak mengalami perubahan harga dari bulan lalu.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan prediksi kenaikan permintaan komoditas bapok di Sumatra Barat menjelang bulan puasa akan dibarengi upaya memastikan pasokannya berjalan lancar, sehingga tidak akan terjadi gejolak harga.

“Kemendag akan terus menjaga harga dan ketersediaan bapok agar dapat mencukupi kebutuhan masyarakat jelang bulan Ramadan hingga Lebaran nanti. Hal ini ditempuh melalui koordinasi dengan pelaku usaha, pemerintah daerah, serta kementerian dan lembaga terkait,” jelasnya, dikutip dari keterangan resminya, Selasa (6/4/2021)

Di Pasar Bawah Bukittinggi, tidak ada kenaikan harga sejumlah bapok seperti beras, gula, tepung terigu, daging sapi, dan bawang merah dibandingkan minggu lalu.

Komoditas yang harganya tetap dibandingkan minggu lalu antara lain beras medium Rp10.000/kg, beras premium Rp13.000/kg, gula pasir Rp13.000/kg, tepung terigu Rp9.000/kg, dan kedelai Rp12.000/kg.

Harga minyak goreng curah terpantau Rp12.600/liter, minyak goreng kemasan Rp15.000/liter. Daging sapi terpantau Rp130.000/kg atau tetap dibanding minggu lalu, begitu juga dengan bawang merah Rp28.000/kg dan bawang putih Rp26.000/kg. Daging ayam ras terpantau Rp35.700/kg terpantau, atau turun 0,83 persen.

Sementara itu, harga komoditas yang terpantau naik dibandingkan minggu lalu adalah telur ayam ras di Rp24.000/kg (naik 7,14 persen) dan cabai merah keriting Rp50.000/kg (naik 6,38 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper