Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

263 Unit Rumah di Manado–Likupang Jadi Sarhunta

Pembangunan sarhunta dilaksanakan di DPSP Manado–Likupang dengan Kementerian PUPR telah menyelesaikan renovasi dan rehabilitasi 263 unit rumah yang dibuat menjadi rumah dengan fungsi usaha
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Maret 2021  |  23:05 WIB
Sarana hunian pariwisata (sarhunta) di di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Manado-Likupang di Sulawesi Utara. - Kementerian PUPR
Sarana hunian pariwisata (sarhunta) di di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Manado-Likupang di Sulawesi Utara. - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian PUPR menyelesaikan 263 sarana hunian pariwisata (sarhunta) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Manado–Likupang di Provinsi Sulawesi Utara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa pemerintah yakin sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat adalah pariwisata.

Oleh karena itu, lanjutnya, Kementerian PUPR akan merenovasi rumah warga agar layak untuk dijadikan homestay di kawasan wisata.

“Dengan demikian, masyarakat setempat bukan hanya menjadi penonton, melainkan dapat menikmati kue pariwisata,” kata Basuki melalui keterangan tertulis pada Kamis (11/3/2021).

Dia menambahkan Program Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya Mendukung Pariwisata atau Sarhunta ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Rumah Swadaya Ditjen Perumahan Kementerian PUPR.

Basuki mengemukakan program itu bertujuan meningkatkan kualitas rumah menjadi layak huni dan sekaligus mendorong perekonomian masyarakat.

Untuk itu, dalam pelaksanaannya, program ini terdiri dari dua kegiatan utama yaitu peningkatan kualitas rumah dengan fungsi usaha dan peningkatan kualitas rumah tanpa fungsi usaha.

Di Sulawesi Utara, pembangunan sarhunta dilaksanakan di DPSP Manado–Likupang. Kementerian PUPR telah menyelesaikan renovasi dan rehabilitasi 263 unit rumah yang dibuat menjadi rumah dengan fungsi usaha di tiga desa yaitu Marinsow, Pulisan, Kinunang dan satu Kelurahan di Pulau Bunaken. Rumah-rumah ini dapat dimanfaatkan sebagai homestay maupun usaha pendukung pariwisata lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata homestay

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top