Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tarik Utang Puluhan Triliun, Pertamina Lapor ke DPR

Pertamina memilih menerbitkan global bond dengan tenor jangka pendek. Hal ini ditujukan untuk menekan biaya utang (cost of debt) perseroan.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 09 Februari 2021  |  14:18 WIB
PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV mencatat kenaikan konsumsi BBM jenis gasoline sebesar 20% pada Juni 2020 dibandingkan dengan konsumsi pada periode Maret hingga Mei 2020
PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV mencatat kenaikan konsumsi BBM jenis gasoline sebesar 20% pada Juni 2020 dibandingkan dengan konsumsi pada periode Maret hingga Mei 2020

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) baru saja menerbitkan global bond dengan total nilai US$1,9 miliar atau Rp26,6 triliun (Rp14.000).  

Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini mengatakan bahwa penerbitan global bond dilakukan pada pekan lalu.  Menurutnya, penerbitan global bond saat ini dianggap tepat karena imbal hasil (yield) mulai bergerak naik.  

Adapun, surat utang yang dirilis terdiri atas US$1 miliar untuk tenor 5 tahun dengan kupon 1,4 persen dan US$900 juta untuk tenor 10 tahun dengan kupon 2,3 persen.

"Rabu lalu, kami issue US$1,9 miliar.  Untuk 5 tahun di 1,4 persen untuk kuponnya dan untuk 10 tahun di 2,3 persen.  Jadi dua-duanya inside the curve, bagus pricing-nya.  Ini just in time karena yield sudah bergerak naik lagi," ujar Emma dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Selasa (9/2/2021).

Dia menuturkan bahwa Pertamina memilih menerbitkan global bond dengan tenor jangka pendek. Hal ini ditujukan untuk menekan biaya utang (cost of debt) perseroan.

"Kemarin tenor panjang-panjang. Tenor panjang kan tentunya kupon akan semakin ke-press. Ini salah satunya lowering cost of debt kami sama kami akan gunakan untuk capex," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina dpr global bond
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top