Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Presiden Sebut Penuntasan Pandemi Syarat Ungkit Ekonomi

Penuntasan pandemi bukan sesuatu yang mudah dicapai, apalagi saat ini Indonesia juga perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi gelombang supercovid yang sudah ditemukan di sejumlah negeri jiran.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  19:59 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020 di Jakarta, Kamis (3/12 - 2020). Dalam acara yang digelar secara virtual tersebut mengangkat tema Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi. Bisnis
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020 di Jakarta, Kamis (3/12 - 2020). Dalam acara yang digelar secara virtual tersebut mengangkat tema Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi. Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ada satu syarat untuk mengungkit perekonomian Indonesia pada 2021 adalah mengatasi pandemi Covid-19

Namun demikian, penuntasan pandemi bukan sesuatu yang mudah dicapai, apalagi saat ini Indonesia juga harus bersiap untuk menghadapi gelombang serangan mutasi Covid-19 yang sudah ditemukan di beberapa negara jiran.

Belum lagi keraguan sejumlah pihak terhadap efektivitas vaksin yang baru-baru ini didatangkan pemerintah dari China.

Seperti diketahui, selama pandemi, ekonomi Tanah Air mengalami gejolak. Jokowi menyebut pemulihan perekonomian perlahan mulai membaik. Kondisi ini terasa di kuartal ke-3 dan ke-4 2020. Selain itu, investasi baru juga mulai bermunculan kembali. 

Menurutnya, kehadiran investasi baru mampu menggerakkan ekonomi masyarakat dan induatri masa depan sehingga peluang kerja yang meningkat dan kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik. 

"Ada satu syarat yang harus kita kerjakan untuk mencapai pemulihan ini. Kita harus berhasil mengatasi pandemi Covid. Kita harus mampu menghentikan wabah ini dengan segera. Memang, sesuatu yang tidak mudah," katanya melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (31/12/2020). 

Dia mengatakan bahwa pemerintah akan terus bekerja keras mengendalikan kasus Covid-19. Adapun, vaksinasi juga akan segera dilakukan pada pertengahan Januari 2021 untuk mencapai herd immunity atau kekebalan komunal agar pandemi bisa dihentikan. 

Jokowi meminta semua warga negara masih harus disiplin dalam mengatasi penyebaran kasus Covid-19. Protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker tidak boleh lengah. 

"Jangan menganggap remeh. Dengan kesehatan masyarakat yang pulih, kepercayaan dunia meningkat maka pemulihan ekonomi akan terjadi di 2021." 

Bersama-sama Insya Allah kita mampu mengatasi ujian berat ini. Tahun 2021 akan  menjadi catatan sejarah sebagai tahun pemulihan kita semua. Selamat tahun baru 2021, semoga Tuhan Yang Masa Esa memberikan rahmat dan hidayah kepada kita senuanya," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Pertumbuhan Ekonomi Covid-19
Editor : Edi Suwiknyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top