Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi: Pandemi Covid-19 Memperburuk Pencapaian SDGs

Presiden Jokowi mendorong terobosan ilmu pengetahuan agar Indonesia dapat mencapai target SDG's meski menghadapi tantangan berat di masa pandemi.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 17 Desember 2020  |  14:12 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, 2 November 2020  -  Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, 2 November 2020 - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah terus berupaya untuk mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs). Namun, upaya tersebut dihadapkan pada tantangan yang berat yaitu pandemi Covid-19.

Presiden Jokowi mendorong terobosan ilmu pengetahuan agar Indonesia dapat mencapai target SDGs meski menghadapi tantangan berat di masa pandemi.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutan Konferensi Tahunan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2020 Indonesia pada kamis (17/12/2020).

Dalam sambutannya, dia meminta kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) agar menyusun terobosan untuk pencapaian SDGs dengan memaksimalkan ilmu pengetahuan.

“Saya minta menteri PPN/kepala bappenas untuk siapkan orkestrasi nasional yang berkelanjutan agar pemanfaatan iptek dapat dimaksimalkan di dalam perumusan kebijakan dan dalam pelaksanaan program pemerintah termasuk untuk percepatan pencapaian target SDGs,” katanya.

Jokowi mengatakan langkah terobosan diperlukan karena tantangan untuk mencapai target SDGs kini semakin berat. Pandemi telah mengakibatkan krisis kesehatan dan perekonomian yang memperburuk capaian SDGs nasional, bahkan dunia.

Menurutnya, tidak ada cara lain selain berinovasi yakni dengan bersinergi antara pemerintah maupun swasta bersama para peneliti, akademisi, dan institusi pendidikan. Presiden meminta kepada pejabat pemerintah agar meminta masukan dari para ahli dalam pencapaian SDGs.

“Orkestrasi nasionalnya harus jelas, harus kuat agar sharing pengetahuan ini bisa berkelanjutan dan menghasilkan rekomendasi yang konkret. Bahwa setiap gagasan harus dijabarkan dalam aksi yang jelas dan terstruktur,” ujar Jokowi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bappenas SDGs Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top