Angkasa Pura I Borong 2 Penghargaan pada Ajang Indonesia Best BUMN Award 2020

Angkasa Pura I meraih The Best Financial Performance dan Virtual Customer Service for Passenger Convenience pada ajang Indonesia Best BUMN Award 2020.
Foto: Dok. Angkasa Pura I
Foto: Dok. Angkasa Pura I

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) meraih dua penghargaan pada ajang Indonesia Best BUMN Award 2020 yang diselenggarakan oleh WartaEkonomi.co.id. Kedua penghargaan tersebut yaitu "The Best Financial Performance" dan "Virtual Customer Service for Passenger Convenience".

Penganugerahan penghargaan diberikan oleh CEO & Chief Editor WartaEkonomi.co.id Muhamad Ihsan kepada Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi secara virtual dan disaksikan oleh Founder dan Prescom Majalah Warta Ekonomi Fadel Muhammad pada Jumat 27 November 2020.

Indonesia Best BUMN Award 2020 yang bertema "The Guardian of Indonesia" ini merupakan penghargaan dari Warta Ekonomi bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki kinerja keuangan dan kebijakan strategis perusahaan dalam melakukan inovasi produk atau jasa, strategi bisnis, integrasi, ataupun ekspansi bisnis pdada 2019 bagi kepentingan masyarakat Indonesia.

"Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap baiknya kinerja keuangan dan layanan Angkasa Pura I pada 2019. Meski mengalami penurunan trafik penumpang dibanding tahun 2018 akibat berbagai tantangan di industri aviasi, seperti kenaikan harga tiket pesawat, diresmikannya 7 akses ruas tol, dan faktor lainnya, namun pendapatan perusahaan tetap tumbuh 1,4 persen dibanding 2018. Selain itu, dari sisi pelayanan, kami juga menginisiasi berbagai inovasi layanan bagi pengguna jasa bandara secara berkelanjutan, salah satunya virtual customer service. Hal ini merupakan perwujudan komitmen kami terhadap pengembangan berkelanjutan pada setiap lini proses bisnis," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Layanan pelanggan virtual atau virtual customer service merupakan layanan petugas customer service yang tidak berhadapan langsung secara fisik dengan pengguna jasa bandara, namun melalui perangkat layar monitor.

Angkasa Pura I Borong 2 Penghargaan pada Ajang Indonesia Best BUMN Award 2020

Petugas customer service yang semula bertugas memberikan layanan informasi kepada pengguna jasa bandara di gerai customer service, kini ditempatkan secara terpusat di Airport Operation Control Center (AOCC) dengan fasilitas layanan menggunakan teknologi tele-conference. Layanan ini dioptimalkan ketika pandemi Covid-19 merebak.

"Komitmen kami adalah terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara, mitra usaha, mitra bisnis, dan seluruh stakeholder. Walau berada dalam masa pandemi dan adaptasi kebiasaan baru, komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik yang berlandaskan aspek keselamatan, keamanan, maupun kenyaman tetap diwujudkan,” tambah Faik Fahmi.

Penghargaan Indonesia Best BUMN Award 2020: The Guardian of Indonesia kali ini, melakukan dua penilaian, yaitu kinerja keuangan (financial performance) dan kebijakan strategis perusahaan dalam melakukan inovasi produk ataupun jasa, strategi bisnis, integrasi, ataupun ekspansi bisnis.

Tim peneliti Warta Ekonomi menggunakan pendekatan desk research deskriptif kuantitatif untuk menilai kinerja keuangan BUMN berdasarkan laporan tahunan atau laporan keuangan tahun 2019 yang dikeluarkan perusahaan. Selain itu, tim peneliti Warta Ekonomi menggunakan metode media monitoring untuk menilai kebijakan strategis perusahaan dalam melakukan inovasi produk ataupun jasa, strategi bisnis, integrasi, ataupun ekspansi bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper