Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan Pemda Jakarta Jual Tol JORR Kebun Jeruk-Ulujami ke Astra (ASII)

Kesepakatan penandatanganan penjualan tol JORR W dilakukan pada hari ini, Kamis (26/11/2020) antara Astra dengan anak usaha Jakpro.
Menara Astra. Gedung perkantoran ini menjadi lokasi kantor pusat PT Astra International Tbk./astra.co.id
Menara Astra. Gedung perkantoran ini menjadi lokasi kantor pusat PT Astra International Tbk./astra.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — Anak usaha Jakarta Propertindo (Jakpro) PT Jakarta Marga Jaya (JMJ) melepas 35 persen saham kepemilikannya atas Jalan Tol Lingkar Jakarta atau lebih dikenal dengan sebutan JORR W2 Utara dari Kebon Jeruk -Ulujami kepada Astra Infrastruktur.

Jalan Tol JORR I W2N yang dikelola PT Marga Lingkar Jakarta (PT MLJ) sempat fenomenal karena dipimpin langsung Joko Widodo dibantu Budi Karya Sumadi dalam mencari solusi pembebasan tanah. Saat itu Jokowi merupakan Gubernur DKI Jakarta dan Budi sebagai Direktur Utama Jakarta Propertindo. 

Sekretaris Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP-BUMD) DKI Jakarta Riyadi menuturkan manuver pelepasan aset atas Jalan Tol Lingkar Jakarta itu diambil dengan pertimbangan menjaga arus kas flow induk perusahaan Jakpro.

“Jakpro ada penugasan-penugasan dari mana penugasan itu tidak semua dibiayai oleh BUMD dari APBD kan begitu, dibiayai dari kasnya sendiri, tetapi dari kasnya ada kebutuhan karena terdampak pandemi dia lepas aset itu,” kata Riyadi melalui sambungan telepon pada Kamis (26/11/2020).

Dengan demikian, dia menampik anggapan pelepasan aset Jakpro itu terkait dengan kondisi arus kas APBD yang terkontraksi dalam akibat pandemi Covid-19.

“Saya kira enggak ada [kaitannya dengan APBD]. Jakpro melakukan penugasan, untuk penugasan butuh dana gitu kan, enggak semua penugasan didanai oleh APBD,” kata dia.

Sebelumnya, langkah Astra dalam bisnis jalan tol makin menggurita. Melalui Astra Infrastruktur perusahaan kembali menambah koleksi ruas jalan tol yang sudah beroperasi. Terbaru konglomerasi ini mengakuisisi saham Jakarta Marga Jaya. Perusahaan milik Pemerintah DKI Jakarta melalui Jakarta Propertindo. 

JMJ merupakan pemegang saham konsesi 35 persen saham PT Marga Lingkar Jakarta (PT MLJ). 

Nama yang disebutkan terakhir adalah operator jalan tol lingkar jakarta atau lebih dikenal dengan sebutan JORR W2 Utara dari Kebon Jeruk -Ulujami.

Sementara 65 persen lainnya dimiliki oleh PT Jasa Marga (persero) Tbk. (JSMR).  Dengan akuisisi ini Astra mengambil alih 100 persen JMJ atau 35 persen konsesi. 

Pembelian sendiri perinciannya 51 persen dari PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) dan 49 persen saham milik PT Jaya Sarana Pratama (JSP). Anak usaha Jaya Group. 

“Berinvestasi di JORR I W2N adalah salah satu langkah strategis Astra Infra dalam mendiversifikasi portofolio bisnis jalan tol. Terutama area Metro," kata Group CEO Astra Infra Djap Tet Fa, Kamis (26/11/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper