Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menhub Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan di Angkutan Umum

Menteri Perhubungan Budi Karya terus mengupayakan penerapan protokol kesehatan di angkutan umum untuk menjamin tidak terjadi penularan Covid-19.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 11 November 2020  |  11:12 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diperiksa suhu tubuh saat melakukan kunjungan kerja ke Stasiun KA Medan. - Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diperiksa suhu tubuh saat melakukan kunjungan kerja ke Stasiun KA Medan. - Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan terus berupaya meningkatkan keselamatan transportasi di semua moda, baik darat, laut, udara, dan perkeretaapian termasuk menjamin tidak terjadi penularan Covid-19 di angkutan umum.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus menjalani cara hidup baru dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan agar tidak terpapar Covid-19. Hal ini termasuk ketika melakukan perjalanan, masyarakat harus mempersiapkan diri dengan baik, sejak keberangkatan sampai tujuan.

"Salah satu fokus kemenhub meningkatkan keselamatan bertransportasi di semua moda, baik darat, laut, udara, maupun perkeretaapian, semua pengguna transportasi harus bisa terjamin keselamatannya, naik bus, pesawat, kapal laut, kereta api," ujarnya, Rabu (11/11/2020).

Lebih lanjut, Kemenhub terangnya, bertugas melakukan tugas pemerintahan di bidang transportasi guna mendukung mobilitas penumpang dan distribusi barang dan jasa. Peran tersebut guna menunjang segala aspek kehidupan.

Dengan demikian, pihaknya terus berupaya meningkatkan keselamatan dan keamanan aktivitas transportasi dari virus Covid-19. Di sisi lain, pembangunan bandara, pelabuhan, terminal, stasiun, hingga jalur KA, kapal dan bus harus terus berlanjut.

"Pembangunan ini termasuk saat ini ketika mengalami pandemi, tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan tepat," ujarnya.

Di sisi lain, dia mengimbau agar masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Pasalnya, berdasarkan datanya, korban kecelakaan didominasi usia produktif termasuk pelajar dan mahasiswa.

"Saya mengajak harus selalu sayang terhadap nyawa, patuhi rambu, gunakan helm dengan benar. Jangan abai terhadap protokol kesehatan, jaga kebersihan tangan, cuci tangan sabun, pakai masker, dan jaga jarak termasuk saat menggunakan kendaraan umum. Pastikan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan," katanya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top