Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Jajaran gedung perkantoran di Jakarta, Senin (24/8/2020). Bisnis - Abdurachman
Premium

Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2021: Ke Mana Optimisme Pengusaha Bertumpu?

21 Oktober 2020 | 19:28 WIB
Setelah mengalami hantaman hebat akibat pandemi Covid19 sepanjang tahun ini, para pengusaha rupanya masih menyimpan optimisme yang tinggi pada 2021. Lalu ke manakah optimisme pengusaha terhadap perekonomian nasional ditumpukan pada tahun depan?

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 telah menerjang perekonomian global maupun nasional. Para pengusaha pun harus babak belur untuk mempertahankan bisnisnya sepanjang tahun ini.

Namun demikian, optimisme pun pasih dipupuk oleh kalangan pengusaha guna menyambut 2021. Dalam hal ini kehadiran vaksin Covid-19 dianggap sallah satu hal yang memberikan angin segar untuk perekonomian nasional pada 2021.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan meskipun saat ini ekonomi masih mengalami tekanan akibat pandemi, namun hal tersebut tidak mengurangi optimisme para pelaku usaha. 

"Harapannya vaksin ini juga akan lebih membantu dan mereduksi faktor ketidakpastian," katanya dalam diskusi Ekonomi Nasional Outlook 2021 Apindo, Rabu (21/10/2020).

Dia mengatakan, pada kuartal II/2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi hingga 5,3 persen. Sementara itu, dia memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III/2020, bakal berkisar di angka minus 2 sampai dengan minus 3 persen.

"Pada kuartal II sudah mencapai titik terendah, kita harapkan pada kuartal IV/2020 memasuki pertumbuhan yang lebih baik dan berlanjut ke 2021, kami proyeksikan pertumbuhan 3-4 persen," jelasnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top